oleh

1.264 Calon Jemaah Haji Bojonegoro, Siap Berangkat

Kota|Bojonegorotoday.com | Jelang keberangkatan ibadah haji tercatat tujuh orang calon jemaah haji asal Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur sampai hari ini pengurusan visanya belum selesai. Dikhawatirkan pada waktu keberangkatan haji pada tanggal 31 Juli nanti terancam batal.

“1.271 calon jemaah haji Bojonegoro yang akan berangkat masih ada tujuh orang yang terkendala masalah administrasi, yaitu pengurusan visanya belum jadi,” kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Bojonegoro, M Asyik Syamsul Huda , Selasa (23/7). 

M Asyik Syamsul Huda
Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Bojonegoro

Visa tujuh orang calon jemaah haji tersebut diketahui belum selesai karena beberapa kendala, diantaranya calon jemaah haji ada yang sebagai pengganti calon jemaah haji lainnya yang meninggal. Seperti pengganti kuota milik bapak atau ibu mereka, sehingga saat mengurus administrasi untuk visa waktunya terlalu mendadak.

Pihak Kantor Kemenag Bojonegoro terus berupaya untuk membantu penyelesaian pengurusan dokumen ketujuh orang calon jemaah haji tersebut. Namun, selesai atau tidaknya visa tersebut semua tergantung dari pusat. “Jika visa haji mereka belum selesai pembuatannya, keberangkatan tujuh orang calon jemaah haji dipastikan tertunda dan akan diikutkan kloter berikutnya,” ujarnya.

Asyik memastikan, 1.264 calon jemaah haji lainnya dari Bojonegoro semua proses administrasi dan syarat lainnya sudah selesai, serta tinggal menunggu keberangkatan. Data dari Kantor Kemenag Bojonegoro jumlah calon jemaah haji Bojonegoro tahun 2019 terbagi dalam tiga kloter yaitu kloter 73, 74, dan 75.

(dan)