oleh

Bupati Bojonegoro Gelorakan Semangat Dander the Corner of Majapahit dan Tari Khayangan Api

Bojonegorotoday.com_Dander– Upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-73, terasa istimewa. Polres Bojonegoro menggelar Upacara tidak ditempat sebagaimana biasa, namun dilaksanakan di area Khayangan Api yang menjadi icon Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (29/06).

Hadiri pada upacara ini, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0813 Bojonegoro, Pj. Sekda, Kepala OPD Pemkab. Bojonegoro, Camat Se-Kab. Bojonegoro dan Undangan lainnya.

Upacara yang dibuka dengan penampilan Tari Khayangan Api, bercerita tentang legenda seorang pembuat senjata keris yaitu Empu Supo di Kayangan Api. Dilanjutkan penyerahan pusaka Kepada Bupati Bojonegoro sebagai simbol, yang kemudian diserahkan kepada Kapolres Bojonegoro.

Setelah sendra tari Kayangan Api, acara dilanjutkan dengan prosesi mengililingi Api Abadi dan menaburkan Bunga kedalam Api Abadi oleh Bupati Bojonegoro dan Wakil Bupati.

Dalam sambutannya, Kapolres Bojonegoro Ary Fadly menjelaskan upacara peringatan Hari Bayangkara ke 73, terinspirasi dari Tarian Kayangan Api yang menceritakan legenda pandhe Keris yaitu Empu Supo. Yang kemudian dipilih sebagai pembukaan prosesi Upacara Hari Bayangkara ke 73 oleh Polres.

“Jika kita melihat sejarah yang ada, Keris Nogososro buatan Empu Supo untuk Patih Gajah Mada, maka ada kaitan kebangkitan Majapahit dengan Bojonegoro khususnya Kayangan Api waktu itu. Ini menjadi nilai sejarah dan semangat tersendiri bagi Bojonegoro untuk kedepannya semakin maju.” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Bojonegoro juga menyampaikan bahwa api abadi menjadi anugrah tersendiri bagi Bojonegoro. “Dander the Corner Of Majapahit, sehingga perlu dibuat tulisan dan prasasti sejarah. Sehingga menjadi semangat sendiri antara Pemkab, TNI dan Polri untuk bersatu padu dan semakin kuat.

“Selamat Hari Bayangkara ke 73, makin mantab dan makin dicintai masyarakat.” Pesan Anna Muawanah selaku Bupati Bojonegoro dalam sambutannya.

Di akhir acara, dilakukan prosesi pemotongan tumpeng oleh Bupati Bojonegoro yang selanjutnya diberikan kepada Juru Kunci Kayangan Api dan makan tumpeng bersama oleh hadirin, sekaligus mengakhiri rangkaian peringatan Hari Bayangkara ke 73 Kab. Bojonegoro.

News Feed