oleh

Peduli Bengawan Solo, Muspika Malo Sikat Sampah Bengawan.

Bojonegorotoday.com-Malo– Menjelang musim kemarau seperti saat ini, sampah aneka rupa terlihat berserakan disepanjang bengawan Solo. Surutnya debit dan jernihnya air, menyebabkan serakan sampah terlihat sangat jelas.

Prihatin dengan kondisi ini, Muspika Kecamatan Malo bersama dengan Pemerintah Desa Rendeng turun tangan melakukan bersih-bersih sampah sungai bengawan Solo, Jumat 05/07/2019.

Baca Juga :  Debit Air Bengawan Solo Bojonegoro Cenderung Naik

Camat Malo, Jamari mengatakan, kegiatan ini dilakukan karena pihaknya prihatin dengan persoalan sampah sudah komplek dan bisa mengganggu ekosistem yang hidup didalam sungai bengawan solo.

“Jika dibiarkan ekosistem ikan dan tumbuhan akan rusak, dan juga mengakibatkan banjir jika arus terhambat,” jelasnya.

Turut serta pada kegiatan bersih-bersih sampah ini, seluruh staf kecamatan Malo, anggota Satpol PP, perangkat desa dan pemuda desa Rendeng. Mereka menyusuri bengawan solo menggunakan perahu dan memunguti sampah-sampah di bengawan Solo.

Baca Juga :  Lima Hari Pencarian, Korban Tenggelam di Bengawan Solo Belum Ditemukan

Kepala Desa Rendang, Muslih menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan ini, merupakan wujud kepedulian bersama menyelamatkan Bengawan Solo dari sampah.

“Ini juga sebagai pembelajaran untuk warga agar menjaga kelestarian bengawan Solo sebagai anugerah yang besar,” jelasnya.

Muslih berharap apa yang dilakukan oleh Muspika Kecamatan Malo dapat mendorong masyarakat untuk aktif menjaga kebersihan dan kelestarian sungai Bengawan Solo.

Baca Juga :  Buka Festival Band Remaja 2019, Bupati Jadikan Event Musik Sebagai Agenda Tahunan.

“Kalau bisa setiap hari Jum’at ada kegiatan seperti ini, bareng-bareng, atau istilah pondoknya, ro’an,” pungkasnya berharap.

(dan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *