Sinkronisasi Program, DPMD Lakukan Pembinaan Kepada Kepala Desa Se Kabupaten Bojonegoro

- Reporter

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:39

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bojonegorotoday.com |Kota| Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengadakan pembinaan Kepala Desa se Kabupaten Bojonegoro, di pendopo Malowopati pada Kamis (18/07/2019).

Pembinaan yang diselenggarakan oleh Kantor DPMD Bojonegoro ini dalam rangka Sinkronisasi Program Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Desa Guna Percepatan Pembangunan di Kabupaten Bojonegoro.

Ada beberapa narasumber yang turut dilibatkan untuk menyampaikan materi pembinaan, yaitu dari perwakilan DPMD, Dinas Sosial serta BPJS Kesehatan. Acara pembinaan tersebut dihadiri oleh Bupati Bojonegoro, Wakil Bupati Bojonegoro, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, perwakilan OPD, 414 Kepala Desa serta 28 Camat seluruh Kabupaten Bojonegoro.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menyampaikan beberapa pesan antara lain Alokasi Dana Desa (ADD) akan mengalami peningkatan yaitu sebanyak 1 Miliar dan akan ada Peraturan Bupati Tentang Percepatan Pembangunan Berbasis Perdesaan, dimana untuk memetakan kondisi desa, mengurangi kesenjangan, serta mempercepat pembangunan guna meningkatkan ranking Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Baca Juga :  Demo Penolakan Omnibus Law Di Bojonegoro Nyaris Ricuh

“Target kita adalah menurunkan 1,5{1da92a84fce247adbe60fc114f001df8f28a00e1a39a564fa16b6e14c9d5acf9} angka kemiskinan dan pelantikan Kades yang terpilih pada Pilkades serentak yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu akan diselenggarakan pada 4 September 2019 mendatang”, terang Bupati Bojonegoro.

Terpisah, Faisol Ahmadi selaku Plt. Kepala DPMD menjelaskan, bahwa pembinaan terhadap Kades ini sebagai agenda evaluasi atas kebijakan antara program Pemkab Bojonegoro dengan Pemerintah Desa.

Sebelumnya, acara Budi Irawanto selaku Wakil Bupati Bojonegoro mengatakan bahwa setelah pembinaan Kades ini harus menghasilkan output nyata yaitu untuk pembangunan desa secara menyeluruh.

“Berdasarkan UU No. 6 Pasal 79 Tahun 2014, disebutkan bahwa Pemerintah Desa (Pemdes) dalam menyusun perencanaan pembangunan, harus mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) serta Rencana Kerja Pemdes (RKP)”, pungkas Wakil Bupati Bojonegoro.

Baca Juga :  154 Desa Di Kabupaten Bojonegoro, Gelar Pilkades Serentak Hari Ini. Wilayah Timur Lebih Banyak.

(dan)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

DPRD Apresiasi Raihan Penghargaan Pemkab Bojonegoro dari Kemendagri
Ketua DPRD Apresiasi Capaian Indeks Kepuasan Masyarakat Bojonegoro
Bupati Bojonegoro Hadiri Sidang Paripurna PAW Ketua DPRD
13 Partai Politik di Bojonegoro Terima Banpol
Natasha Devianti Tegaskan Komitmen Mengawal Masalah Stunting
Banteng Merah Putih Geruduk Kantor DPRD Bojonegoro
Komisi C Dukung Dinas Pendidikan Gelar Sekolah Tatap Muka 100 Persen
Eksekutif dan Legislatif Samakan Persepsi Arah Kebijakan 2021

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06