Harga Gula Pasir Melambung, Disperindag Jatim Gelar Pasar Murah

- Reporter

Jumat, 13 Maret 2020 - 04:01

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

bojonegorotoday.comHarga gula pasir di pasaran akhir-akhir ini terpantau semakin mahal, dan diketahui melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditentukan pemerintah.

Untuk menjaga stabilisasi harga dipasaran, Pemerintah Provinsi Jatim melalui UPT Perlindungan Konsumen Bojonegoro, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), menggandeng Pabrik Gula PT Kebun Tebu Mas (KTM) mulai mengadakan pasar murah di beberapa tempat.

Salah satunya di Jalan Pahlawan depan kantor Bakorwil Bojonegoro, Kemarin (12/03/2020). Dimulai pukul 08.30 Wib hingg selesai pukul 10.30 Wib.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Diketahui, sesuai Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag), HET gula pasir yakni Rp 12.500 per kilogram. Namun kenyataan di lapangan, harga gula pasir mencapai angka Rp 17.000 per kilogram.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Lanjutkan Program RPL Desa tingkat Magister

Dalam operasi pasar murah tersebut, tampak Kepala Bakorwil Bojonegoro, Dyah Wahyu Ermawati ditengah kerumanan masyarakat ikut membantu melayani penjualan gula pasir tersebut, secara simbolis. Terpantau antrian memanjang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perlindungan Konsumen Dinas Disperindag Provinsi Jatim, Hamid Pellu mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memperingati HPN dan pasar murah ini dilakukan di wilayah kerja Bakorwil.

“Nantinya akan bergulir di setiap Kabupaten/kota secara bertahap dan kita siapkan per Kabupaten/Kota dengan 2,5 ton gula,” kata Hamid Pellu.

Hamid mengatakan, untuk hari ini setiap masyarakat dibatasi maksimal pembelian 4 kg dengan kemasan 2 kg, dan nanti acara puncak peringatan pada tanggal 29 dan 30 Maret bertempat di lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya.

Baca Juga :  Pasca Banjir Bandang, Bupati Anna Sidak di Desa Kunci

Menurut Hamid, harga gula sekarang di pasaran harganya Rp 16.000 sampai Rp 17.000 per kilogram hari ini kami jual Rp 12.000 per kg. Untuk HET per kg Rp 12.500, dan penjualan dibawahnya dengan selisih Rp 500 per kg atau seharga Rp 12.000 per kilogramnya.

“Semoga dapat bantu masyarakat juga tekan ruang gerak para tengkulak gula,” ungkapnya.

Salah seorang pembeli, Saminah, mengaku senang dan gembira mendapat barang dengan harga lebih murah dibanding di pasar pada umumnya.

“Saya sangat terbantu dengan adanya pasar murah ini, karena harga gula saya beli dengan harga yang sangat terjangkau. Jauh dengan harga di pasaran pada umumnya dan harapannya sering dilakukan pasar muurah,” ucapnya.

Baca Juga :  Progres Proyek Peningkatan Jalan di Bojonegoro Capai 59,26 Persen

Acara ini berlangsung di depan kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Jatim yang di hadiri dan sekaligus buka pasar murah oleh Kepala Bakorwil Bojonegoro Dyah Wahyu Ermawati, dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) perlindungan konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim beserta ratusan masyarakat yang hadir. (lis/red)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, Bakorwil Bojonegoro Gelar Pasar Murah
Kantor Kemenag Bojonegoro Kembali Raih Penghargaan Pengelolaan Keuangan Terbaik
Pemkab Bojonegoro Akan Bangun 170 Km Jalan Desa Melalui Dana BKK 
Serahkan SK PPPK Nakes, Bupati Anna Ajak Tingkatkan Kualitas SDM
Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Realisasi PAD Tertinggi Se Indonesia
Lantik Pejabat Lingkup Pemkab, Bupati Anna Wanti-wanti Tahun Politik
Penetapan Hari RPL di Bojonegoro, Pemkab Bojonegoro Lanjutkan RPL Jenjang Magister
Pemkab Bojonegoro Sosialisasikan Rencana Tindak Darurat Bendungan Pacal

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06