oleh

Tahap IV, Bupati Bojonegoro Lantik 17 Kades Terpilih

bojonegorotoday.com – Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah kembali melantik Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pilkades gelombang III tahun 2020. Hari ini, sebanyak 17 Kepala Desa di wilayah Kabupaten Bojonegoro dilantik Bupati melalui videoconference.

Pelantikan dan pengambilan sumpah kepala desa terpilih ini merupakan tahap IV. Mulai tahap I hingga IV, Bupati melantik kades terpilih dengan jarak jauh atau videoconverence (vidcon). Sebanyak 17 desa tersebut dari 11 kecamatan.

Pelantikan Kades tahap IV ini diantaranya, Kecamatan Kedungadem Desa Kedungrejo, Kecamatan Balen Desa Mulyoagung, Kecamatan Dander meliputi Desa Dander, Kunci, Sumodikaran, Sendangrejo, Kecamatan Ngraho meliputi Desa Kalirejo dan Klempun.

Baca Juga :  Akibat Wabah Covid-19, Kunker DPRD Bojonegoro Tersendat

Kemudian, Kecamatan Purwosari Desa Tinumpuk, Kecamatan Kanor Desa Cangakan, Kecamatan Kepohbaru Desa Pejok, Kecamatan Ngasem meliputi Desa Ngasem, dan Bandungrejo, Kecamatan Trucuk Desa Kandangan, Kecamatan Sukosewu Desa Sitiaji.

Lalu, Kecamatan Sumberrejo meliputi Desa Mlinjeng, dan Kayulemah.

Dalam sambutannya, Bupati Bojonegoro mengucapkan selamat dan sukses bagi 17 kepala desa dilantik pada har ini, Senin (04/05/2020). Pihaknya mengintruksikan kepada kepala desa yang dilantik segera melakukan penyelarasan program.

Baca Juga :  Hadiri HUT ke 6, Bupati Bojonegoro Apresiasi Kemandirian PDKB

“Penyelarasan program percepatan penanggulangan wabah virus corona atau Covid-19,” kata Bupati.

Bupati menambahkan, bahwa saat ini situasi dan kondisi bangsa secara nasional berada dalam perpanjangan penetapan status darurat Covid-19. Karena itu, jika desa sudah ada belanja tak terduga, maka untuk segera melakukan penghitungan anggaran.

Penghitungan anggaran yang dimaksud yakni terkait dengan percepatan penanggupangan dan penanganan pencegahan virus corona (Covid-19). Jika tidak mencukupi, maka dapat dilkukan melalui mekanisme Perubahan APBDesa bersama BPD.

Baca Juga :  Besok, Bupati Bojonegoro bakal Lantik 24 Kades di 15 Kecamatan

“Bagi desa yang belum, segara untuk melakukan P APBDesa kaitannya dengan anggaran penanggulangan Covid-19,” ucap Bupati.

Bupati meminta untuk melaksanakan percepatan proses evaluasi. Hindari penetapan keputusan atas hasil evaluasi berdasarkan waktu paling lama, yang seharusnya dapat dilakukan secepatnya yang intinya adalah percepatan penganggaran kegiatan Covid-19.

“Dan pelaksanaannya dengan konsep keselarasan dalam pengambilan kebijakan percepatan penanggulangan Covid 19,” imbuh Bupati Bojonegoro. (*/yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Today