352 Desa Bebas ODF, Tahun Ini Target Selesai

- Reporter

Senin, 28 September 2020 - 16:26

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

bojonegorotoday.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menargetkan akhir tahun ini seluruh desa di wilayah setempat bebas buang air besar sembarangan (BABS). Program Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar di sembarang tempat terus dilakukan.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, Suharto mengatakan, bahwa saat ini ada 352 desa dari 430 desa dan kelurahan atau sebesar 81,86 persen yang berhasil mencapai program Bebas Air Besar Sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF).

Jika dihitung dari total 28 kecamatan di wilayah Kabupaten Bojonegoro, lanjut Suharto, ada 11 kecamatan yang sudah ODF. Yakni, Kecamatan Gayam, Dander, Ngambon, Bojonegoro, Baureno, Sumberjo, Kecamatan Padangan, Bubulan, Balen, Trucuk dan Kecamatan Kapas.

Suharto menjelaskan, 11 kecamatan dari 28 kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro telah menjadi Kecamatan ODF. Sedangkan, sisanya yang belum ODF perlu didorong untuk melakukan percepatan pencapaian desa/kelurahan menuju kecamatan Open Defecation Free (ODF).

“Untuk mensukseskan ODF tersebut, Pemkab Bojonegoro terus berupaya melakukan advokasi dan support, melalui dukungan kebijakan agar menumbuhkan kembali semangat pemerintah kecamatan dan pemerintah desa untuk mengupayakannya,” kata Suharto.

Ia menambahkan, salah satu faktor belum tercapainya ODF di seluruh desa tersebut disebabkan kurangnya partispasi masyarakat, salah satunya masih BAB di tempat sembarangan dan menganggap BAB di sembarang tempat adalah hal biasa.

Untuk itu pihaknya terus mendorong agar masyarakat terus menjaga perilaku hidup sehat, dan mendorong agar pemerintah desa dan kecamatan untuk lebih gencar mensosialisasikan pada masyarakat agar tidak BAB di sembarang tempat terus dilakukan.

Baca Juga :  Kokohkan Bojonegoro Universal Health Coverage, Bupati Anna Resmikan RSUD Kepohbaru

“Kami terus berupaya melakukan penyuluhan dan sosialisasi. Kita dorong agar masyarakat berperilaku hidup sehat dan tidak BAB sembarangan,” pungkasnya. (moh/yud)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Beragam Inovasi dan Komitmen RSUD Sosodoro Siap Menuju WBBM
Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan UHC dari Wapres RI
Optimalkan Pencegahan Stunting, Pemkab Bojonegoro Gelar Aksi Gizi Sekolah
Bupati Anna Resmikan Poliklinik Wijaya Kusuma
RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Ajak Warga Bojonegoro Waspadai Osteoarthritis
Ikuti Jalan Sehat, Bupati Anna Ajak Masyarakat selalu Sehat untuk Bangkit Bersama
Sosialisasi PMT Bumil, Bupati Usulkan Makanan Lokal Jadi Tambahan Gizi
FKP RSUD Sumberrejo, Bupati Harap Terus Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06