oleh

Pemkab Sediakan 3,8 Hektar TPA di Wilayah Barat

bojonegorotoday.com – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah meresmikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah dengan sistem Sanitary Landfill di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem kabupaten setempat, Minggu (01/11/2020).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro, Hanafi mengatakan, TPA Bandungrejo atau TPA wilayah barat ini berada diatas tanah seluas 3,8 hektare yang mempunyai kapasitas sebanyak 70.000 ton atau sama dengan 210.000 meter kubik.

Dapat menampung pembuangan akhir meliputi 11 kecamatan yakni Ngasem, Gayam, Purwosari, Ngambon, Tambakrejo, Ngraho, Margomulyo, Malo, Kasiman, Kedewan, dan Padangan dengan asumsi jumlah sampah yang masuk dapat mencapai 35 ton/hari.

Baca Juga :  Pemkab Serahkan 3.313 Sertifikat Hak Atas Tanah

“Hal ini bertujuan untuk mengurai penumpukan di TPA Banjarsari dan meminimalisir persoalan sampah di Bojonegoro,” kata Hanafi.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah berharap antara pemkab dengan masyarakat saling sinergi dan berkesinambungan dalam dalam mengelola sampah secara baik. Pengelolaan sampah harus dikelola dengan baik.

Masyarakat harus bisa memaksimalkan fasilitas pengelolaan sampah ini. Bank sampah yang ada disetiap desa dapat dijadikan tempat penampungan sementara untuk menyortir atau memilah sampah jika lahan untuk sampah masih kurang.

Baca Juga :  HUT RI Ditengah Pandemi, Tak Mengurangi Rasa Cinta Negeri

“Kita juga akan berupaya untuk menyediakan lahan di wilayah timur dan selatan bojonegoro,” pungkas Bupati. (mil/yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Today