oleh

Pemkab Dorong Seniman dan Budayawan Tetap Produktif

bojonegorotoday.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar Seni Budaya dan Promosi Wisata di Gedung Serbaguna Bojonegoro, Minggu (08/11/2020). Mendorong seniman tetap berkreasi.

Pagelaran seni budaya ini dihadir Bupati Bojonegoro, Forkopimda Bojonegoro, Sekretaris Daerah, Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD Pemkab Bojonegoro serta sesepuh Samin Mbah Hardjo Kardi.

Pagelaran Seni Budaya dan Promosi Wisata tahun ini mengusung tema ‘Greget Samin’. Para duta seni Bojonegoro menampilkan Tari Tudhung Sesandur dan Drama Tari bercerita ‘Greget Samin’ yang merupakan khas Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga :  Promosi Pinarak Bojonegoro, Disbudpar Tampilkan Tenghul di TMII

Tahun lalu, pagelaran seni budaya promosi wisata Kabupaten Bojonegoro dilakukan di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Namun saat ini digelar secara virtual, lantaran masih dalam suasana pandemik global virus corona (Covid-19).

Disaksikan langsung di Taman Mini Indonesia Indah oleh Guyub Bojonegoro Sejabodetabek dan Paguyuban Warga Jakarta Asal Jawa Timur (PAWARTA) di Kantor Badan Penghubung Pemprov Jatim Anjungan Jatim TMII.

Greget Saminnmenunjukan keteguhan sikap masyarakat Samin dalam menjaga ajaran leluhurnya Ki Sura ‘Sira aja drengki, srei, pek pinek barange liyan, omong sing waton, ora mung waton ngomong, jujur trokal lan narima’.

Baca Juga :  Lincah dan Jenaka, Tari Thengul Bojonegoro Tampil Memukau di Istana Merdeka

Menjadikan kelompok masyarakat Samin gigih dalam bela Negara cinta tanah air Indonesia, dengan menolak membayar pajak yang membuat emosional Pemerintah Kolonial Belanda meningkat untuk semakin menekan memaksa hingga menyiksa.

Biarpun dibentak dan disiksa, masyarakat Samin tetap setia pada ajaran Surasentika, dengan selalu menjawab ‘Apa Adanya’. Belanda tidak mampu memahami penalaran masyarakat Samin, dan pergilah Pemerintah Kolonial Belanda.

Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jatim, Zainal Fanani, S.STP, M.A. menyampaikan, kegiatan ini merupakan upaya menjaga komitmen pelestarian seni budaya dan menjaga semangat para seniman Bojonegoro untuk terus aktif dan produktif.

Baca Juga :  Pecahkan Rekor Muri, Tari Thengul Bojonegoro Siap Tampil Di Istana.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensupport Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam uri-uri budaya jawa atau budaya bojonegoro.

Pihaknya mengadakan pagelaran ini untuk mendorong para seniman dan budayawan untuk tetap berkreasi. “Meski di tengah pandemi Covid-19, kita harus berinovasi untuk menghasilkan karya yang kreatif,” kata Bupati Anna. (mil/yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Today