Polres Bojonegoro Inisiasi Donor Plasma Darah Konvalesen

- Reporter

Sabtu, 23 Januari 2021 - 03:14

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

bojonegorotoday.com – Polres Bojonegoro bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bojonegoro menggelar screening donor plasma konvalesen di lingkungan Polres Bojonegoro pada Jumat (22/1/2021) kemarin.

Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia, SIK, MM, MH melalui Aipda Agung Basuki, Paur Kesehatan Polres Bojonegoro menjelaskan, bahwa Polres Bojonegoro bekerjasama dengan PMI Cabang Bojonegoro menggelar screening donor plasma konvalesen bagi penyintas Covid-19 (orang yang telah berhasil bertahan dari serangan Covid-19) di lingkungan Polres Bojonegoro.

Ada 23 penyintas Covid-19 dilingkungan Polres Bojonegoro dan mereka kelompok tanpa ada komorbid atau penyakit penyerta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tahapan awal dilakukan screening oleh PMI Cabang Bojonegoro bagi penyintas Covid-19 untuk dilihat hasil sampel darah, memenuhi syarat atau tidak untuk dilakukan donor plasma konvalesen selanjutnya. Rencana donor plasma konvalesen akan dilakukan di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Surabaya.

Baca Juga :  Kapolres Cek Kesiapan SMT Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid

“Ada 23 penyintas di lingkungan Polres Bojonegoro, diilakukan screening terlebih dahulu untuk dilihat memenuhi syarat atau tidaknya dilakukan donor plasma konvalesen,” jelas Aipda Agung Basuki.

Polres Bojonegoro menginisiasi kegiatan donor plasma konvalesen dari penyintas Covid-19 dilingkungan Polres Bojonegoro yang sembuh dan negatif Covid-19.

Disamping itu, Polres Bojonegoro memiliki program Agunge Sikap Tulung Tinulung (ASTUTI), diimplementasikan dengan memotivasi para penyintas atau pasien Covid-19 yang negatif, untuk bisa membantu sesama. Semoga bisa ditiru yang lain, karena ini adalah kegiatan kemanusiaan.

“Dengan Agunge Sikap Tulung Tinulung (ASTUTI), kita memotivasi para penyintas atau pasien Covid-19 yang negatif dan sembuh untuk mendonorkan plasma konvalesennya untuk membantu kesembuhan pasien Covid-19 lainnya,” ucap Agung panggilan akrabnya.

Baca Juga :  Sukseskan Vaksinasi, Bupati dan Forkopimda Divaksin Pertama

Selain menggelar screening donor plasma konvalesen, Paur Kesehatan, Aipda Agung Basuki juga meminta kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab, menurutnya vaksin terbaik adalah tetap menjaga disiplin protokol kesehatan dalam rangka memutus penyebaran Covid-19.

Sebagai informasi, plasma darah konvalesen ini terbukti berhasil menyembuhkan penderita Covid-19. Kendati demikian, plasma darah konvalesen yang didonorkan tidak serta merta bisa langsung digunakan kepada pasien Covid-19. Perlu ada screening yang dilakukan untuk memastikan plasma tersebut aman. (din/mil)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Beragam Inovasi dan Komitmen RSUD Sosodoro Siap Menuju WBBM
Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan UHC dari Wapres RI
Optimalkan Pencegahan Stunting, Pemkab Bojonegoro Gelar Aksi Gizi Sekolah
Bupati Anna Resmikan Poliklinik Wijaya Kusuma
RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Ajak Warga Bojonegoro Waspadai Osteoarthritis
Ikuti Jalan Sehat, Bupati Anna Ajak Masyarakat selalu Sehat untuk Bangkit Bersama
Sosialisasi PMT Bumil, Bupati Usulkan Makanan Lokal Jadi Tambahan Gizi
FKP RSUD Sumberrejo, Bupati Harap Terus Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06