Kunjungan Wantimpres RI sebagai Energi Wujudkan SPBE di Bojonegoro

- Reporter

Jumat, 26 Maret 2021 - 04:23

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO – Dewan Pertimbangan Presiden RI (Wantimpres RI) DR. H. Soekarwo, SH., M.HUM atau yang lebih akrab disapa Pakde Karwo melakukan kunjungan kerja di Desa Prayungan, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro pada Kamis (25/03/2021).

Kunjungan kerja melibatkan tim peneliti ini bertujuan untuk melaksanakan kajian literasi informasi dalam membangun kebudayaan digital. Dinas PMD Propinsi Jawa Timur juga turut hadir. Rombongan disambut Bupati Bojonegoro beserta OPD dan Forkopimca.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menyampaikan, bahwa kunjungan Wantimpres merupakan sumber energi tersendiri bagi Desa Prayungan dan juga bagi Pemkab Bojonegoro untuk menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Terlebih lagi Desa Prayungan yang telah berhasil meraih 3 penghargaan sekaligus pada Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik KI Award tahun 2020,” kata Bupati.

Baca Juga :  Kantor Kemenag Bojonegoro Kembali Raih Penghargaan Pengelolaan Keuangan Terbaik

Lebih lanjut, Bupati Anna menyampaikan, bahwa Kabupaten Bojonegoro sangat mendukung SPBE, sehingga perlu persiapan dukungan baik infrastruktur, sarana dan prasarana serta SDM yang mahir IT.

“Untuk itu dalam pengisian CPNS tahun ini, Kabupaten Bojonegoro mengusulkan ke Kemenpan dan RB formasi untuk tenaga IT. Semoga CPNS untuk formasi tenaga IT nanti bisa terpenuhi,” terang Bupati.

Sementara itu, menurut Pakde Karwo, di era 4.0 sekarang ini menuntut masyarakat harus berdamai dengan digital, mengingat pandemi Covid 19 saat ini sangat berdampak pada turunnya nilai perekonomian masyarakat, terpuruknya UMKM.

“Sehingga banyak orang miskin lama dan munculnya orang miskin baru, tingkat kriminalitas meningkat, dan angka perceraian yang semakin tinggi,” kata Pakde Karwo.

Baca Juga :  Tinjau Kedatangan Alat Apherisis, Bupati Anna Minta Dimaksimalkan

Penggunaan teknologi informasi tidak hanya dimanfaatkan untuk urusan Pemerintahan Desa (pelayanan masyarakat, perizinan) namun juga dimanfaatkan sebagai media untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut, Pakde Karwo menyampaikan, bahwa hal terpenting transformasi yang harus dilakukan saat ini adalah transformasi digital, ini bukan permasalahan di Kabupaten Bojonegoro saja, melainkan permasalahan seluruh dunia.

“Siapa yang survive adalah mereka yang bisa berkolaborasi dengan perkembangan teknologi sesuai dengan konsep kesejahteraan,” ungkapnya.

Kunjungan Wantimpres RI ini turut dihadiri Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto. Wabup sangat mengapresiasi Pemerintah Desa Prayungan atas keberhasilan pemanfaatan teknologi informasi baik di lingkup pelayanan pemerintahan dan masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Bojonegoro akan selalu mendukung transformasi digital terhadap Pemerintahan Desa yang lain, karena dampak pandemi Covid-19 saat ini teknologi digital menjadikan alternatif,” pungkasnya. (mil/yud)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, Bakorwil Bojonegoro Gelar Pasar Murah
Kantor Kemenag Bojonegoro Kembali Raih Penghargaan Pengelolaan Keuangan Terbaik
Pemkab Bojonegoro Akan Bangun 170 Km Jalan Desa Melalui Dana BKK 
Serahkan SK PPPK Nakes, Bupati Anna Ajak Tingkatkan Kualitas SDM
Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Realisasi PAD Tertinggi Se Indonesia
Lantik Pejabat Lingkup Pemkab, Bupati Anna Wanti-wanti Tahun Politik
Penetapan Hari RPL di Bojonegoro, Pemkab Bojonegoro Lanjutkan RPL Jenjang Magister
Pemkab Bojonegoro Sosialisasikan Rencana Tindak Darurat Bendungan Pacal

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06