Pemkab Bojonegoro Kembangkan Moda Transportasi Kereta Api

- Reporter

Sabtu, 4 September 2021 - 14:09

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO – Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki jaringan kereta api tertua di Asia. Perkembangan kereta api di Indonesia tidak lepas dari peran Pemerintahan kolonialisme Belanda, awal di bangunnya jalur kereta api berawal dari Kota Semarang Jawa Tengah pada masa itu, kini perkembangan kereta api begitu pesat hingga melintas di berbagai Provinsi di Pulau Jawa, Sumatra, dan Sulawesi.

Hingga kini, kereta api masih menjadi moda transportasi umum favorit masyarakat di Indonesia bahkan di dunia. Selain mampu memuat penumpang yang banyak, kereta api boleh dikatakan transportasi yang cepat, aman, ekonomis, dan efisien. Baik pelayanan maupun keamanan, kereta api pun mengalami kemajuan signifikan seiring dengan perkembangan teknologi saat ini.

Baca Juga :  Segera Diresmikan, Warga Sambut Antusias Pengoperasian Jembatan Kanor-Rengel

Bojonegoro salah satu kabupaten yang dilewati jalur lintas utara kereta api aktif yang memiliki stasiun besar maupun beberapa stasiun kecil sejak era Pemerintahan Hindia Belanda. Hingga saat ini masih berfungsi aktif melayani rute yang menghubungkan Bojonegoro-Surabaya-Yogyakarta, Semarang, dan Bandung.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ini menjadi salah satu bukti bahwasanya kereta api masih diminati dan melekat di hati masyarakat Kabupaten Bojonegoro dan sekitarnya. Menangkap hal tersebut, Pemkab Bojonegoro berencana segera merealisasikan pengembangan moda transportasi massal dengan pengadaan kereta api shuttle train yang nantinya menghubungkan Bojonegoro-Surabaya.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah melakukan kerjasama membuat kesepakatan yang tertuang dalam nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Kereta Api pada 04 Januari 2019 Tentang Perkeretaapian Kota dan dengan PT. INKA Madiun (Persero) tanggal 08 Juli 2019 silam Tentang Kerjasama Pengembangan Sistem Transportasi dan Sistem logistik.

Baca Juga :  Raperda Perubahan APBD Tahun 2020 Ditetapkan

“Melihat perkembangan transportasi darat, kendaraan pribadi yang kian pesat bertambah dari tahun ke tahun, apabila tidak diimbangi dengan transportasi umum (massal), angka kemacetan dan kecelakaan dimungkinkan juga akan bertambah,” kata Bupati.

Moda Kereta Api menjadi solusi terbaik untuk menekan hal tersebut, terlebih memliki kapasitas daya angkut massal, waktu tempuh yang pasti (on time), hemat bahan bakar, gas buang yang rendah, serta menjangkau pusat-pusat perekonomian di berbagai kota. Sehingga kereta api boleh dikatakan moda transportasi yang pro rakyat. (din/mil)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, Bakorwil Bojonegoro Gelar Pasar Murah
Kantor Kemenag Bojonegoro Kembali Raih Penghargaan Pengelolaan Keuangan Terbaik
Pemkab Bojonegoro Akan Bangun 170 Km Jalan Desa Melalui Dana BKK 
Serahkan SK PPPK Nakes, Bupati Anna Ajak Tingkatkan Kualitas SDM
Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Realisasi PAD Tertinggi Se Indonesia
Lantik Pejabat Lingkup Pemkab, Bupati Anna Wanti-wanti Tahun Politik
Penetapan Hari RPL di Bojonegoro, Pemkab Bojonegoro Lanjutkan RPL Jenjang Magister
Pemkab Bojonegoro Sosialisasikan Rencana Tindak Darurat Bendungan Pacal

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06