Satpol PP Hentikan Aktifitas Galian C di Kalitidu dan Kedungadem

- Reporter

Senin, 6 September 2021 - 07:25

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bojonegoro gerak cepat tindaklanjuti keluhan warga atas dampak aktifitas Galian C. Sejak Januari hingga Agustus lalu, Satpol PP telah melakukan tindakan pengamanan aktifitas Galian C, di antaranya, di Desa Sumengko, Kecamatan Kalitidu dan Desa Drokilo, Kecamatan Kedungadem.

Tindakan pengamanan aktifitas Galian C menindaklanjuti adanya aduan warga yang terdampak. Kendaraan dump truck yang melintas mengangkut muatan tanah, terkadang tercecer di jalan yang dilalui warga dan mengakibatkan jalanan licin terlebih saat turun hujan.

Jalan yang rusak tersebut, dikhawatirkan mengganggu anak-anak yang berangkat sekolah. Proses pengawasan ini, terus dilakukan Satpol PP, terutama bagi penambang Galian C yang tak memiliki izin. Satpol PP bertindak tegas menghentikan oprasional terhadap aktifitas Galian C tanpa izin.

Kabid Penegakan Peraturan Daerah Satpol PP Kabupaten Bojonegoro, Yoppy Rahmat mengatakan, untuk aktifitas Galian C yang berada di Desa Sumengko, Kecamatan Kalitidu dan Desa Drokilo, Kecamatan Kedungadem, untuk sementara dihentikan sampai dilengkapi perizinan yang di persyaratkan.

“Aktivitas Galian C yang berada di Desa Drokilo, Kecamatan Kedungadem, telah dihentikan sejak Maret lalu. Sedangkan yang di Desa Sumengko, Kecamatan Kalitidu telah dihentikan bulan Agustus,” pungkas Yoppy.

Tetapi secara administrasi pihak penambang Galian C tetap bisa berjalan. Sehingga jika kegiatan operasional dapat segera dilakukan, pihak penambang harus melengkapi perizinan yang dipersyaratkan.

Untuk perizinan sendiri ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti survei peta wilayah, kondisi geografis, dan komponen lain. Perizinannya memang diturunkan dari provinsi namun, tetap mendapatkan rekom dari Dinas PMPTSP Bojonegoro dulu.

Baca Juga :  Hujan Lebat dan Banjir Bandang Diprediksi Masih Akan Terjadi di Bojonegoro

“Sementara aktivitas galian C yang sudah mempunyai izin harus menaati peraturan yang berlaku,” tambahnya. (fit/mil)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Serahkan Piagam Penghargaan, Bupati Anna Ajak Lestarikan Lingkungan
Hujan Lebat dan Banjir Bandang Diprediksi Masih Akan Terjadi di Bojonegoro
Bupati Anna Resmikan Pusat Pembibitan Pohon di Sukowati
Energi Untuk Lingkungan, Ratusan Pohon dan Ribuan Bougenville Ditanam
Peringatan HMPI, Bupati Ajak Jaga Ekosistem Iklim Dunia

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06