Bupati Anna Dialog dengan RT RW, Serap Aspirasi untuk Pembangunan Daerah

- Reporter

Kamis, 16 September 2021 - 15:03

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar pembinaan dan peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakat Desa (LKD) Rabu, (15/9/2021).

Dalam kegiatan ini, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah melakukan dialog dengan pengurus RT/RW se Kecematan Gayam. Bupati berharap ada masukan dari pengurus RT/RW terkait program pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Bojonegoro.

Peran dan fungsi lembaga kemasyarakatan desa sangat penting, sebagai ujung tombak di bidang kemasyarakatan, pembangunan, maupun kepemerintahan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Sekiranya belum tepat sasaran, kira-kira kebijakan Pemkab apa yang perlu diperbaiki, mohon diberikan masukan. Saya ingin dengar dari bapak ibu pengurus RT/RW, sampaikan aspirasinya,” kata Bupati Anna saat berdialog.

Baca Juga :  Pendamping Desa Pecahkan Rekor Laporan Akhir Tahun

Bupati juga berpesan agar Ketua RT/RW, termasuk juga Kepala Desa supaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Saya sampaikan tolong layani warga dengan baik. Tolong data yang benar, bantu bapak ibu kepala desa. Tolong kalau ada warga asing yang tidak dikenal, segera melapor. Tolong bapak ibu kepala desa ciptakan harmonisasi dengan Pengurus RT/RW,” tutur Bupati.

Akhir sambutan, Bupati Anna meminta kepala dinas untuk menampung aspirasi dari Pengurus RT/RW dan menindaklanjutinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bojonegoro, Machmuddin mengatakan, Ketua RT/RW mempunyai tugas membantu Kepala Desa dalam bidang pelayanan pemerintahan.

Melakukan pendataan, baik itu soal peizinan maupun data-data yang lain, dan juga melaksanakan tugas lain dari Kepala Desa.

Baca Juga :  Sentuh Bagian Urgent, Ruang Desa Center Bojonegoro Gelar Sekolah Desa

“Perlu kami sampaikan bahwasannya untuk pelaksanaan 17 progam Pemkab Bojonegoro, kami perlu mengupdate data secara utuh. Harapan kami pada Desember ini semua sudah selesei,” ucap Machmuddin.

Machmuddin menambahkan, bahwa sampai dengan saat ini jumlah RT di Kabupaten Bojonegoro sejumlah 7.835 dan jumlah RW 2.024. Salah satu peran dan fungsi dari RT/RW adalah memberikan edukasi, menyerap aspirasi dari masyarakat.

Lalu, menyampaikan informasi maupun aspirasi kepada pemerintah. “Sehingga kami berharap ada suatu kesepahaman dan sinergi, baik itu antara Pengurus RT/RW maupun juga dengan Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, dan Desa,” imbuhnya. (muh/mil)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Pertamina EP Cepu Komitmen Tingkatan Infrastruktur Sarana Prasarana Masyarakat Desa
Diharapkan Desa Lebih Berdaya, Mandiri dan Progresif
Sentuh Bagian Urgent, Ruang Desa Center Bojonegoro Gelar Sekolah Desa
Mendes PDTT Kunjungi Tebing Gupit di Bojonegoro, Bantu BUMDes Rp 1 Miliar
Ruang Desa Center kembali Gelar Pelatihan di Wilayah Barat Bojonegoro
Tim Pendamping Profesional Jatim Kunjungi Bumdes Langgeng Makmur di Bojonegoro
Pendamping Desa Pecahkan Rekor Laporan Akhir Tahun

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06