Pemkab Bojonegoro Launching Tari Selamat Datang Langen Thengul

- Reporter

Selasa, 8 Februari 2022 - 09:38

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar acara Launching dan Workshop Tari Selamat Datang ‘Langen Thengul’ di Gedung Serba Guna pada Selasa (08/02/2022).

Dihadiri para Seniman Bojonegoro, Rektor Perguruan Tinggi di Bojonegoro, Kepala OPD terkait, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda yang sekaligus mewakili Bupati Bojonegoro.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, Budiyanto, menyampaikan bahwa kegiatan ini berdasarkan UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Perda No. 1 Tahun 2020 tentang Pelestarian Kesenian Tradisional, dan Program Kerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam upaya pengembangan dan pemajuan kebudayaan Bojonegoro.

Budiyanto mengatakan, bahwa proses pembuatan tari selamat datang Langen Thengul ini adalah hasil arahan dari Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dan juga hasil diskusi dengan para seniman yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Proses pembuatan Tari Langen Thengul ini juga melibatkan sarjana-sarjana dari perguruan tinggi yang kompeten dalam kesenian dan kebudayaan yakni, ISI Surakarta dan UNESA Surabaya. Sedangkan untuk tim penari diambil dari generasi milenial Bojonegoro yang berusia 15-17 tahun.

Lebih lanjut, Budiyanto menjelaskan, bahwa tujuan diadakannya launching dan workshop ini agar tari Langen Thengul segera dikenal dan masyarakat Bojonegoro.

Workshop ini diikuti sekitar 116 orang dengan rincian seniman perwakilan dari kecamatan se-Bojonegoro sebanyak 28 orang, guru seni budaya SD 28 orang, guru seni budaya SMP 28 orang, guru seni budaya SMK/SMA 28 orang.

Baca Juga :  Gencar Sosialisasi, Angka Perkawinan Anak Di Bojonegoro Menurun

Serta perwakilan mahasiswa sebanyak 6 orang. Untuk narasumber dari UNESA Surabaya dan pelaku seni dari sanggar Anggling Dharma.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur, dalam sambutannya mewakili Bupati Bojonegoro menyampaikan permohonan maaf dari Ibu Bupati yang berhalangan hadir secara langsung dalam acara launching dan workshop ini.

Selanjutnya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda diperintahkan untuk membacakan sambutan Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah.

“Acara ini merupakan sebagai wahana kreasi para seniman Bojonegoro sesuai Perda No. 1 Tahun 2020 tentang Pelestarian dan Pengembangan Kesenian Tradisional,” kata Bupati.

Bupati Bojonegoro juga mengucapkan terima kasih kepada seniman yang telah mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk menciptakan tari Langen Thengul ini.

Baca Juga :  Menteri Desa PDTT Apresiasi Program Bupati Bojonegoro 1 Desa 2 Sarjana

“Saya ingin mengajak semua pihak untuk bersama-sama saling berkomunikasi agar tejadi hubungan yang baik demi mendukung terciptanya produksi Bojonegoro baik di era budaya wisata yang energik dan produktif,” ucap Bupati.

Dalam sesi terakhir, Kusnandaka Tjatur membuka Launcing Tari Langen Thengul dan menyaksikan sajian tariannya bersama para peserta workshop. (din)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, Bakorwil Bojonegoro Gelar Pasar Murah
Kantor Kemenag Bojonegoro Kembali Raih Penghargaan Pengelolaan Keuangan Terbaik
Pemkab Bojonegoro Akan Bangun 170 Km Jalan Desa Melalui Dana BKK 
Serahkan SK PPPK Nakes, Bupati Anna Ajak Tingkatkan Kualitas SDM
Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Realisasi PAD Tertinggi Se Indonesia
Lantik Pejabat Lingkup Pemkab, Bupati Anna Wanti-wanti Tahun Politik
Penetapan Hari RPL di Bojonegoro, Pemkab Bojonegoro Lanjutkan RPL Jenjang Magister
Pemkab Bojonegoro Sosialisasikan Rencana Tindak Darurat Bendungan Pacal

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06