Siskeudes Sebagai Bentuk Percepatan Menciptakan Pengelolaan Keuangan Desa

- Reporter

Senin, 25 Juli 2022 - 18:09

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO – Dalam rangka meningkatkan pemahaman aparatur pemerintah desa dalam pelaksanaan perencanaan dan pengelolaan keuangan di desa Dinas PMD Bojonegoro menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Keuangan Desa dengan tema ‘Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi Siskeudes Sebagai Bentuk Percepatan Menciptakan Pengelolaan Keuangan Desa Yang Tertib dan Akuntabel’ Angkatan I, Senin (25/07/2022) di Ruang Angkling Dharma Pemkab Bojonegoro.

Acara tersebut diikuti oleh Supervisor Kecamatan, unsur dari BPD sebanyak 2 (dua) orang, yaitu Ketua BPD dan 1 (satu) orang anggota, unsur PPKD sebanyak 3 (tiga) orang, yakni Sekretaris Desa, Kasi Kesejahteraan dan Kaur Keuangan, dan unsur Tim Pelaksana Kegiatan sebanyak 1 (satu) orang, yang dibagi dalam 5 (lima) angkatan, yakni angkatan 1 diikuti 28 desa di 5 Kecamatan (Dander, Balen, Kapas, Bojonegoro, dan Trucuk).

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Lakukan Kesepakatan Bersama dengan Pengelola Usaha Hulu Migas

Dengan Narasumber Bupati Bojonegoro, Tim Pengajar dari Balai Besar Pemerintahan Desa Dirjen Pemerintahan Desa di Malang, Pejabat teknis yang menangani perpajakan daerah pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bojonegoro, Pejabat teknis yang menangani perpajakan pusat pada KPP Pratama Bojonegoro dan Tim Siskeudes Kabupaten, pada DPMD Kabupaten Bojonegoro.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kepala DPMD Bojonegoro, Machmuddin mengatakan, pelaksanaan kegiatan workshop pengelolaan keuangan desa dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman aparatur pemerintahan desa, yakni BPD dan Perangkat Desa khususnya Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD).

Serta unsur tim pelaksana kegiatan terkait pengelolaan keuangan desa, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban, melalui pemberian materi sekaligus praktek pengelolaan keuangan Desa. Sehingga terwujudnya peningkatan pengetahuan dan pemahaman unsur BPD terkait pengelolaan keuangan Desa, sebagai modal penting dalam perencanaan penganggaran saat penyusunan APB Desa.

Baca Juga :  Disambut Forkopimda Bojonegoro, Dirsismet Pusterad Ajak Tingkatkan IPM untuk Pembangunan Nasional

“Aspek-aspek penting yang berguna pada saat melakukan pengawasan pengelolaan keuangan desa dan koordinasi pada saat pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa oleh pemerintah desa,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah yang hadir secara virtual menyampaikan, bahwa sebagai perangkat desa di pemerintah desa harus menyiapkan diri untuk minimal mengerti tentang pelaksanaan keuangan desa dan memiliki organ-organ perangkat desa yang di maksimalkan sesuai keperuntukannya untuk melaksanakan tugas terhadap pengelolaan keuangan desa.

Kemudian dalam penggunaan anggaran tidak cukup jika hanya penyerapan, namun ada efeknya dalam penggunaannya untuk meningkatkan mensejahterakan masyarakat, karena termasuk bagian dalam tanggung jawab pemerintah desa, “Sehingga Dinas PMD menyelenggarakan workshop pengelolaan keuangan desa agar dalam mengelola keuangan desa dapat di laksanakan dengan baik,” terangnya.

Baca Juga :  Begini Pesan Wabup dalam Mengelola Anggaran Desa

“Dalam keuangan desa Pemkab juga memberikan beberapa support fiskal dengan melalui menggunakan dana BKD, dan Pemkab Bojonegoro terus mendorong SDM yang ada di desa, salah satunya program RPL agar di pemerintah desa juga mendapatkan peningkatan SDM sebagai bentuk pengelolaan keuangan,” tambahnya. (din)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, Bakorwil Bojonegoro Gelar Pasar Murah
Kantor Kemenag Bojonegoro Kembali Raih Penghargaan Pengelolaan Keuangan Terbaik
Pemkab Bojonegoro Akan Bangun 170 Km Jalan Desa Melalui Dana BKK 
Serahkan SK PPPK Nakes, Bupati Anna Ajak Tingkatkan Kualitas SDM
Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Realisasi PAD Tertinggi Se Indonesia
Lantik Pejabat Lingkup Pemkab, Bupati Anna Wanti-wanti Tahun Politik
Penetapan Hari RPL di Bojonegoro, Pemkab Bojonegoro Lanjutkan RPL Jenjang Magister
Pemkab Bojonegoro Sosialisasikan Rencana Tindak Darurat Bendungan Pacal

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06