APDI Jatim Nobatkan Bupati Bojonegoro Sebagai Ibu Desa

- Reporter

Kamis, 11 Agustus 2022 - 04:24

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO – Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Anna Mu’awanah mendapat penobatan sebagai ‘Ibu Desa’ dari  Asosiasi Pegiat Desa Indonesia (APDI) Provinsi Jatim.

Hal ini disampaikan Ketua APDI Provinsi Jatim Miftakhul Munir saat Pelatihan Peningkatan Kapasitas Mandiri Tenaga Pendamping Profesional Kabupaten Bojonegoro, Kamis (11/08/2022) di Pendopo Malowopati Pemkab setempat.

Miftakhul Munir menyampaikan, keberpihakan program dan kebijakan Bupati Bojonegoro terkait dengan desa sungguh luar biasa, tidak ditemukan di Kabupaten lain.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Terbukti bahwa Indeks Desa Mandiri (IDM) Kabupaten Bojonegoro dua tahun berturut-turut terbanyak Nasional (tahun 2021-2022). Hal tersebut tidak lepas dari program Bupati Bojonegoro yang pro desa,” bebernya.

Dia menjelaskan, ada beberapa indeks penilaian dalam IDM Kabupaten Bojonegoro, diantaranya indeks ketahahanan ekonomi, kemudian program terkait dengan bumdes, akses pasar,  permodalan.

Baca Juga :  Wabup Kunjungi Proyek Jalan Cor Sugihwaras-Balen

Kemudian, indeks ketahanan lingkungan terkait BKKD (Bantuan Keuangan Khusus Desa) dengan pembangunan jalan, itu menunjukkan bagimana indeks ketahanan lingkungan.

Lebih lanjut, indeks ketahanan sosial, bagiamana seluruh masyarakat Bojonegoro yang tercover asuransi kesehatan (universal health coverage). Kemudian indeks ketahanan pangan dengan adanya program BPNT Daerah, dan rantang Kasihmoe.

Terlebih program-program sinergitas antara Pusat dan Provinsi di bidang pendidikan seperti program beasiswa RPL Desa dimana domainnya diperuntukkan bagi kepala desa dan perangkatnya, pegiat desa, dan pengelola Bumdes, disamping program beasiswa 2 sarjana setiap Desa dan beasiswa scientist.

“Ini sesuatu yang sungguh luar biasa, karena baru Kabupaten Bojonegoro satu-satunya yang melakukan secara masif di tingkat Nasional,” terangnya.

Baca Juga :  Program Aladin, Rehab RTLH di Bojonegoro Semakin Merata

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’wanah mengatakan, Pemkab Bojonegoro merasa terbantu dengan adanya pendamping desa, baik di tingkat kabupaten, kecamatan, maupun lokal desa. Termasuk kebijakan-kebijakan Pemkab di bidang infrastruktur, sosial, keagamaan, hari ini berjalan dengan baik.

“Bapak/Ibu Pendamping Desa memberikan spirit tersendiri terhadap pemkab dan desa, bagaimana tata kelola desa, keuangan, serta kebijakan-kebijakan yang lain,” kata Bupati.

Program sinergitas antara Kementrian Desa PDTT dengan Pemkab Bojonegoro terkait Rekognisi Pembelajaran Lampaui, pemkab juga telah memberikan kuota bagi tenaga pendamping desa untuk meneruskan pendidikan ke jenjang S1.

“Sementara ini baru S1, mudah-mudahan di tahun berikutnya nanti ada kebijakan dari Kemendes PDTT untuk program S2,” tutup Bupati.

Baca Juga :  Seminar Kebangsaan Bakesbangpol, Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme

Penobatan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah sebagai ‘Ibu Desa’ di tandai dengan penyerahan souvenir berupa sketsa wajah (black art) Bupati Bojonegoro melalui media papan kayu oleh Ketua APDI Provinsi Jatim, Ketua APDI Bojonegoro, serta para Tenaga Ahli Pendamping Desa Bojonegoro. (bid)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, Bakorwil Bojonegoro Gelar Pasar Murah
Kantor Kemenag Bojonegoro Kembali Raih Penghargaan Pengelolaan Keuangan Terbaik
Pemkab Bojonegoro Akan Bangun 170 Km Jalan Desa Melalui Dana BKK 
Serahkan SK PPPK Nakes, Bupati Anna Ajak Tingkatkan Kualitas SDM
Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Realisasi PAD Tertinggi Se Indonesia
Lantik Pejabat Lingkup Pemkab, Bupati Anna Wanti-wanti Tahun Politik
Penetapan Hari RPL di Bojonegoro, Pemkab Bojonegoro Lanjutkan RPL Jenjang Magister
Pemkab Bojonegoro Sosialisasikan Rencana Tindak Darurat Bendungan Pacal

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06