Tahun Ini, Pemkab Bojonegoro Siapkan BKKD 419 Mobil Siaga Desa

- Reporter

Kamis, 25 Agustus 2022 - 14:14

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO – Dalam pelaksanaan peran fungsi pemerintah desa untuk peningkatan pelayanan masyarakat, perlu adanya kebijakan dari Pemkab Bojonegoro dengan sentuhan program kegiatan yang pro rakyat melalui Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD) Tahun 2022 untuk pengadaan Mobil Siaga Desa.

Hal ini dilaporkan pada kegiatan Rapat Koordinasi Bantuan Keuangan yang bersifat khusus bagi desa di Kabupaten Bojonegoro Tahun 2022 bertempat di Pendopo Malowopati pada Kamis (25/08/2022). Rakor dihadiri Bupati Bojonegoro, Forkopimda, Kepala OPD, Camat, dan 419 Kades se Kab Bojonegoro.

Tujuan program kegiatan BKKD Tahun 2022 untuk pengadaan Mobil Siaga Desa menurut Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah, untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa menuju masyarakat yang sejahtera dan produktif.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kemudian meningkatkan kualitas layanan sosial masyarakat terutama dalam hal darurat, kesiapsiagaan menghadapi bencana, dan kondisi lain yang membutuhkan sarana transportasi atau mobilisasi bagi masyarakat desa,” ucap Bupati.

Baca Juga :  Dorong IPM, Program Beasiswa Pemkab Bojonegoro Makin Mantap

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, program Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD) berupa Mobil Siaga Desa ini akan segera direalisasikan pada P APBD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2022 dengan jumlah total 419 Desa.

Dalam pelaksanaannya nanti Pemkab telah menyiapkan petunjuk pelaksanaan dan teknisnya (juklak/juknis) sehingga sesuai dengan aturan dan prosedur yang telah di tetapkan.

Bupati berpesan, Mobil Siaga Desa ini nantinya agar dirawat dan dipergunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan melayani warga, baik warga Desa setempat atau pun warga Desa lain yang sedang membutuhkan pertolongan. “Mobil Siaga ini nanti harus terus bersiaga di Desa untuk melayani warga,” pesan Bupati.

Di hadapan Kepala Desa se Kabupaten Bojonegoro, Kepala Kejaksaan Negeri Bojonegoro Badrut Tamam menyampaikan, pihaknya bersama Kapolres, Dandim 0813, turut mendukung apa yang menjadi program Bupati Bojonegoro dalam hal Bantuan Keuangan Khusus Desa untuk pengadaan Mobil Siaga Desa Tahun 2022.

Baca Juga :  Respon Surat Bupati Anna, Gubernur Jatim Gelar Operasi Pasar di Bojonegoro

“Sepanjang pelaksanaannya on the track (dilaksanakan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku), karena desa merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan pemerintahan yang bersentuhan dengan masyarakat secara langsung,” ujarnya.

Badrut berharap Mobil Siaga yang akan diberikan Pemkab Bojonegoro tersebut agar dapat dimanfaatkan seutuhnya untuk kepentingan warga. Selain azas manfaat, perawatan, dan kegunaan mobil tersebut juga harus diperhatikan.

“Jangan sampai mobil siaga tersebut digunakan untuk hal-hal yang dapat merugikan orang lain atau pun Bapak/Ibu Kades sendiri,” pesannya.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Muhammad mengatakan, Kabupaten Bojonegoro memiliki luas wilayah yang cukup besar, serta memiliki akses jangkauan yang berbeda pula di setiap wilayahnya. Hadirnya Mobil Siaga Desa diharapkan bukan hanya melayani warga lokal setempat, namun juga mampu mengakomodir warga desa lain yang sedang membutuhkan.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Kembali Berikan Beasiswa Untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

“Mengingat akses dan karakteristik masyarakat di suatu wilayah tertentu terkadang bergantung pada Desa lain sesuai keadaan/kondisi geografisnya,” terangnya.

Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, turut mengucapkan terima kasih atas perhatian Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, sebagaimana diketahui seluruh jalan di Kabupaten Bojonegoro kondisinya sudah bagus.

“Ditambah dengan keberadaan Mobil Siaga Desa ini akan mampu berikan pelayanan optimal bagi masyarakat hingga ke pelosok,” pungkasnya. (din)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, Bakorwil Bojonegoro Gelar Pasar Murah
Kantor Kemenag Bojonegoro Kembali Raih Penghargaan Pengelolaan Keuangan Terbaik
Pemkab Bojonegoro Akan Bangun 170 Km Jalan Desa Melalui Dana BKK 
Serahkan SK PPPK Nakes, Bupati Anna Ajak Tingkatkan Kualitas SDM
Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Realisasi PAD Tertinggi Se Indonesia
Lantik Pejabat Lingkup Pemkab, Bupati Anna Wanti-wanti Tahun Politik
Penetapan Hari RPL di Bojonegoro, Pemkab Bojonegoro Lanjutkan RPL Jenjang Magister
Pemkab Bojonegoro Sosialisasikan Rencana Tindak Darurat Bendungan Pacal

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06