Home / HJB

Di Balik Makna Angka Cantik Peluncuran Logo HJB ke 345

- Reporter

Minggu, 2 Oktober 2022 - 10:36

facebook twitter whatsapp copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO – Logo Hari Jadi Bojonegoro (HJB) Ke 345 telah resmi diluncurkan Pemkab Bojonegoro pada Sabtu, (01/10/2022) yang bertepatan dengan momentum Hari Kesaktian Pancasila. Peresmian logo HJB Ke 345 ini merupakan satu rangkaian sayembara logo HJB Ke 345 Bojonegoro yang sebelumnya dilaksanakan mulai tanggal 01 hingga 20 September 2022.

Logo hari jadi Kabupaten Bojonegoro Ke 345 sendiri adalah buah karya desainer dari asal Desa Sidorejo, Kecamatan Kedungadem Bojonegoro yang telah berhasil menyisihkan 131 peserta desainer lainnya pada pertengahan bulan September 2022. Logo HJB dengan mengusung tema “Bojonegoro Terdepan, Pembengunan Berkelanjutan” secara visual terinspirasi keindahan, logo yang menggambarkan usia Kabupaten Bojonegoro yakni 345 tahun menjadi istimewa.

Selain itu 345 merupakan angka cantik dimana berurutan angka tiga, empat, dan lima tersusun apik dalam urutan angka. Di usianya yang Ke 345 menjadikan Kabupaten Bojonegoro menjadi kabupaten terdepan dalam segala aspek, dan senantiasa melanjutkan visi misi dalam bidang pembangunan sesuai dengan tema yang di angkat.

Dalam kaidah estetikanya, simbol yang tersaji di logo HJB Ke 345, tumbuhan mewakili kesuburan dan kemakmuran, berwarna putih agar terlihat di aplikasikan dengan warna monokrom. Di ujung angka tiga dan lima melambangkan ketegasan dan kegigihan Pemkab Bojonegoro. Pengebor minyak melambangkan sumber energi besar yang di miliki sekaligus kekuatan masyarakat Bojonegoro.

Lalu, bentuk lengkung pada angka tiga melambangkan waduk pacal sebagai salah satu destinasi wisata kebanggaan Kabupaten Bojonegoro.

Kemudian gelombang air yang ada dalam angka tiga diambil dari sungai Bengawan Solo yang memiliki arti kesejahteraan dan kelimpahan. Angka empat yang menjulang ke atas mempresentasikan Kabupaten Bojonegoro menjadi yang terdepan. Api yang terdapat di angka lima di ambil dari kayangan api yang menyajikan semangat juang tak kan pernah padam, juga crane konstruksi melambangkan pembangunan yang merata dan berkelanjutan.

Baca Juga :  Sambut HJB ke 344, Bupati Anna Ciptakan Lagu berjudul Nglenyer

Jagung miji emas di angka empat melambangkan kekayaan dalam bidang pertanian yang mendongkrak hasil pertanian.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mengatakan, tema HJB Ke 345 dengan tema “Bojonegoro Terdepan Pembangunan Berkelanjutan” dari tahun ke tahun memiliki nilai makna berurutan, hal tersebut sangatlah relevan dengan semangat Bojonegoro terus membangun.

“Kita tidak berhenti dalam titik pembangunan, bukan hanya pembangunan fisik, namun pembangunan sosial budaya, pembangunan SDM terus kita tingkatkan,” terangnya.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, sejak tahun 2020, Pemkab Bojonegoro terus berkonsentrasi membangun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berbasis Desa, seperti dengan adanya program RPL Desa dan beasiswa satu Desa dua sarjana. Pada kesempatan Launching HJB Ke 345 kali ini. “Pembangunan di Bojonegoro terus berkelanjutan tiada henti dalam kurun waktu tertentu,” tutup Bupati.

Baca Juga :  Prosesi Pengambilan Api Abadi HJB Ke 344

Launching logo HJB Ke 345 ditandai dengan touch finger oleh Bupati Bojonegoro bersama Forkopimda. Tak lupa berbagai penampilan apik tersajikan, diantaranya Nglenyer Dance, stand up komedi, penampilan musik band, sertakan penyerahan hadiah Nglenyer Dance yang telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 kemarin. (din)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Upacara HJB Ke 345, Bupati Anna: Bojonegoro Lampaui Daerah Lain
Kirab Api Abadi dari Khayangan Api ke Pendopo Malowopati Awali Kegiatan HJB 345
Luncurkan Logo HJB Ke 345, Pembangunan Bojonegoro Terus Berkelanjutan
Prosesi Pengambilan Api Abadi HJB Ke 344
Sambut HJB Ke 344, Bupati Anna Ziarah Makam Leluhur
Sambut HJB ke 344, Bupati Anna Ciptakan Lagu berjudul Nglenyer

Berita Terkait

Kamis, 21 Desember 2023 - 04:12

Pesemaian Padi Mengering, Petani Kepohbaru Terancam Gagal Tanam

Minggu, 5 November 2023 - 14:46

Padi Inpari Digdaya, Beras Pulen Kelas Premium Sedigdaya Namanya

Minggu, 5 November 2023 - 05:51

Mengenal Varietas Padi Logawa, Lebih Kuat Batangnya Lebih Joss Hasilnya.

Jumat, 24 Februari 2023 - 01:37

Siapkan Sarpras Pertanian, Jaga Ketahanan Pangan di Bojonegoro

Jumat, 3 Februari 2023 - 02:03

Harga Gabah Di Bojonegoro Naik, Ini Kata Petani

Selasa, 13 Desember 2022 - 01:00

Tingkatkan Hasil Pertanian, Pemkab Bojonegoro Realisasikan 30.806 Meter JUT

Sabtu, 1 Oktober 2022 - 10:31

Panen Jagung Pulut, Bupati Harap Gerakan Potensi Lahan Tanaman Pangan

Selasa, 6 September 2022 - 03:06

Fun Farmer’s Day 2022, Kuatkan Produk Lokal Pertanian Bojonegoro

Berita Terbaru