Dorong Kedaulatan Pangan, Pemkab Bojonegoro dan Bulog Teken MoU

- Reporter

Rabu, 2 November 2022 - 23:40

facebook twitter whatsapp copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO – Sebagai kebutuhan mendasar, pangan merupakan suatu hal penting dalam dimensi kesejahteraan, baik bersifat secara perorangan, komunitas, maupun umum. Penting bagi pemerintah khususnya Pemkab Bojonegoro untuk  memenuhi kebutuhan pangan yang dikenal sebagai ketahanan pangan.

Ditambah tingkat kesejahteraan petani yang rendah juga akan berdampak pada nilai produktifitas pertanian yang lebih rendah.

Petani dapat kehilangan motivasi untuk memperpanjang produksi dan mengabaikan standar panen. Akibatnya harga  jual komoditas gabah/beras menjadi rendah  dan keinginan untuk mendapatkan gizi yang  sesuai tidak dapat  dipenuhi dengan tepat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dihadiri segenap Pimpinan Wilayah Jawa Timur dan Cabang Bulog Bojonegoro, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, dan Perwakilan BUMDES Se Kabupaten Bojonegoro, Pemerintah Kabupten Bojonegoro bersama Bulog melakukan penandatanganan nota kesepahaman Memorandum Of Understanding (MoU) Nomor : 134.4/017/KSB/412.011/2022, Nomor : MOU-21/DB000/KB.03.01/11/2022.

Baca Juga :  Soal Minyak Goreng, Bupati Bojonegoro Berkirim Surat ke Pemprov Jatim

Hal tersebut yakni tentang Optimalisasi Produksi Gabah/beras Melalui Modern Rice Milling Plant dan Pemberdayaan BUMD/BUMDES/POKTAN/GAPOKTAN pada Rabu (02/11/2022) di rumah dinas Bupati Bojonegoro.

Kesepakatan kerja sama tersebut ditandatangani langsung oleh kedua belah pihak yakni Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dan  Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita.

Direktur Bisnis Perum Bulog, Febby Novita sangat mengapresiasi upaya Pemkab Bojonegoro yang tercermin dengan adanya kerja sama baik ini. Febby mengatakan, saat ini Bulog menjadi pemasok beras terbesar dan memililiki jangkauan yang luas di Indonesia.

Kabupaten Bojonegoro salah satunya menjadi titik potensi berdirinya gudang dan penggilingan padi Bulog yang berada di Desa Kunci, Kecamatan Dander.

Baca Juga :  Tekan Kasus Covid-19, Bupati Anna Imbau Warga Tak Mudik Lebaran

Adanya gudang dan penggilingan padi tersebut Febby menambahkan, dengan mendistribusikan gabah/beras melalui Bulog akan menjadi nilai manfaat bagi petani regional, agar memiliki akses yang memadai.

Selain itu petani tidak lagi menjual gabah/beras ke kartel, perantara, atau tengkulak dengan harga beli rendah, sehingga dapat terbentuk tujuan bersama dengan petani, yakni membentuk kesadaran kolektif dalam rangka kesejahteraan petani dan ketahanan pangan Nasional.

“Dalam hal ini Bulog berkomitmen serta menunjukkan, memberi kesempatan bagi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk mengelola nilai komoditas beras di pasar dan meningkatkan kesejahteraan petani agar dirasakan masyarakat luas dampaknya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyambut baik bentuk kerja sama sinergitas antara Pemkab Bojonegoro dengan Perum Bulog, kesepakatan bersama ini adalah sebagai landasan para pihak untuk saling memberi dukungan serta kerja sama yang saling bermanfaat bagi masing-masing pihak dalam peningkatan produksi dan kualitas gabah/beras.

Baca Juga :  Tingkatkan Pelayanan, SMASH RSUD Sumberrejo Raih Anugerah Kovablik 2022 

“Serta optimalisasi pemanfaatan sarana pengolahan gabah/beras melalui Modern Rice Milling Plant (MRMP) dan memberdayakan sumber daya dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat di Kabupaten Bojonegoro,” pungkasnya. (bid)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, Bakorwil Bojonegoro Gelar Pasar Murah
Kantor Kemenag Bojonegoro Kembali Raih Penghargaan Pengelolaan Keuangan Terbaik
Pemkab Bojonegoro Akan Bangun 170 Km Jalan Desa Melalui Dana BKK 
Serahkan SK PPPK Nakes, Bupati Anna Ajak Tingkatkan Kualitas SDM
Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Realisasi PAD Tertinggi Se Indonesia
Lantik Pejabat Lingkup Pemkab, Bupati Anna Wanti-wanti Tahun Politik
Penetapan Hari RPL di Bojonegoro, Pemkab Bojonegoro Lanjutkan RPL Jenjang Magister
Pemkab Bojonegoro Sosialisasikan Rencana Tindak Darurat Bendungan Pacal

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06