Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan

- Reporter

Senin, 12 Desember 2022 - 01:46

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bojonegoro meraih predikat Zona Integritas (ZI) sebagai unit kerja pelayanan berpredikat menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di 2022. Penyerahan piagam penghargaan dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Nurul Azizah kepada Kepala DPMPTSP Yusnita Liasari saat apel di Halaman Pendopo Malowopati, Senin (12/12/2022).  

Sebelumnya, penganugrahan oleh KemenPAN-RB telah dilaksanakan pada 6 Desember 2022 lalu di Jakarta.

Seusai penyerahan piagam penghargaan, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Nurul Azizah menjelaskan, di dalam Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) ada beberapa indikator. Di antaranya penyerapan anggaran, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Zona Integritas (ZI), Monitoring Center for Prevention (MCP), dan inovasi.

Di dalam SKP inovasi terdiri satu OPD satu inovasi. Sementara terkait MCP sesuai penilaian Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI), untuk Bojonegoro pada 2020 masih berada di angka 66. Namun, pada 2021 naik ke angka 86,6. Dan pada 2022, nilai MCP Pemkab Bojonegoro mencapai 96,03.

Capaian ini mengantarkan Pemkab Bojonegoro berada pada urutan lima (5) se-Jawa Timur. Sementara secara nasional berada pada urutan 15.

Lebih lanjut, Sekda Nurul mengatakan, di lingkup Pemkab Bojonegoro, ada tiga (3) instansi/OPD yang meraih ZI WBK. Di antaranya RSUD Dr R Sosodoro Djatikoesoemo dan Dinas Perhubungan pada 2021. Sementara di 2022 dari DPMPTSP.

Baca Juga :  Warga Dua Desa di Bubulan Sumringah Sambut Opsar Migor Murah Pemkab Bojonegoro

“Ini luar biasa karena Zona Integritas ini tidak semuanya bisa karena harus mempersiapkan dari sisi administrasi, pelaksanaan, komitmen pimpinan dan komitmen karyawan. Serta harus ada keberlangsungan dari komitmen tersebut,” paparnya saat amanat pimpinan apel.

Tanpa ada sinergi, lanjutnya, semua tentu tidak bisa mendapatkan hasil terbaik. Sesuai apa yang disampaikan Ibu Bupati Anna Mu’awanah karena ada keberhasilan ZI dan keberhasilan dalam MCP serta inovasi-inovasi, maka nanti akan menjadi poin tersendiri dalam proses tindak lanjutnya.

“Mari kita bersinergi, mari kita bermitra dan tentunya mari melaksanakan tugas sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Laksanakan dengan ikhlas,” pungkasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Irban Pengawas Reformasi dan Pencegahan Tipikor Inspektorat Bojonegoro Rahmat Junaidi menambahkan, untuk tahun 2023 kembali akan disiapkan usulan OPD yang akan dinilai Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan tidak menutup kemungkinan juga Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Baca Juga :  Target Tepat Waktu, Pelebaran Jalan Nasional Bojonegoro-Balen Dipercepat

“Kita menunggu laporan hasil evaluasi dan regulasi KemenPAN-RB. Semoga segera terbit di awal tahun 2023 bersama juga dengan Reformasi Birokrasi Tematik,” jelasnya. (fit)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, Bakorwil Bojonegoro Gelar Pasar Murah
Kantor Kemenag Bojonegoro Kembali Raih Penghargaan Pengelolaan Keuangan Terbaik
Pemkab Bojonegoro Akan Bangun 170 Km Jalan Desa Melalui Dana BKK 
Serahkan SK PPPK Nakes, Bupati Anna Ajak Tingkatkan Kualitas SDM
Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Realisasi PAD Tertinggi Se Indonesia
Lantik Pejabat Lingkup Pemkab, Bupati Anna Wanti-wanti Tahun Politik
Penetapan Hari RPL di Bojonegoro, Pemkab Bojonegoro Lanjutkan RPL Jenjang Magister
Pemkab Bojonegoro Sosialisasikan Rencana Tindak Darurat Bendungan Pacal

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06