Optimalkan Pencegahan Stunting, Pemkab Bojonegoro Gelar Aksi Gizi Sekolah

- Reporter

Sabtu, 25 Februari 2023 - 02:06

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan kegiatan Aksi Bergizi Sekolah dan Edukasi Isi Piringku, Sabtu (25/02/2023) di GOR Dabonsia di Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan bertema ‘Remaja Keren, Sehat, Berprestasi Tanpa Anemia’ ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama remaja akan pentingnya gizi seimbang dan pencegahan anemia.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah didampingi Suami, Ali Dupa. Selain itu hadir pula Kepala Dinas Kesehatan dr. Ani Pujiningrum, seluruh kepala OPD dan kepala puskesmas se-Kabupaten Bojonegoro.

Aksi Bergizi Sekolah dan Edukasi Isi Piringku ini diikuti oleh 490 remaja putri/siswi tingkat SMP/MTS dan SMA/SMK/MA di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Dalam kegiatan ini, dilaksanakan senam bersama, penyerahan secara simbolis tablet tambah darah dan menu isi piringku. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan kadar haemoglobin untuk mendeteksi anemia pada remaja putri.

Dalam sambutannya, Bupati Anna Mu’awanah mengajak para remaja putri untuk lebih memperhatikan gizi dan kesehatannya guna memperbaiki generasi akan datang. “Perempuan akan mengalami kehamilan dan akan menjadi ibu. Maka dari itu perlu diperhatikan makanan yang dikonsumsi dan keadaan kesehatannya,” tuturnya.

Aksi Bergizi Sekolah dan Edukasi Isi Piringku digelar sebagai upaya pencegahan stunting di masa pra-nikah, perubahan perilaku positif dengan membudayakan aktivitas fisik, dan edukasi gizi dengan membiasakan sarapan pagi sebagai energi awal.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Ani Pujiningrum dalam sambutannya menganjurkan para remaja putri untuk minum Tablet Tambah Darah (TTD) sekali dalam seminggu demi pencegahan anemia. Selain itu juga untuk memperhatikan makan dengan pola gizi seimbang. “Adik-adik remaja putri akan mendapatkan TTD setiap minggu satu butir, sehingga dalam satu tahun akan minum sebanyak 52 butir tablet yang secara keilmuan upaya ini dapat mencegah anemia,” katanya.

Baca Juga :  Gerakan Kembali ke Meja Makan Upaya Membangun Komunikasi Dan Kedekatan Keluarga

Ia berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Bojonegoro terutama remaja putri akan pentingnya gizi seimbang dan pencegahan anemia. Selain itu juga sebagai langkah memperkuat upaya nasional dalam mengatasi masalah anemia dan stunting di Indonesia. Adanya kegiatan ini dapat bertindak sebagai pemicu guna membuat Bojonegoro semakin produktif, energik, dan menjadi lumbung pangan yang baik untuk Indonesia. (fit)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Beragam Inovasi dan Komitmen RSUD Sosodoro Siap Menuju WBBM
Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan UHC dari Wapres RI
Bupati Anna Resmikan Poliklinik Wijaya Kusuma
RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Ajak Warga Bojonegoro Waspadai Osteoarthritis
Ikuti Jalan Sehat, Bupati Anna Ajak Masyarakat selalu Sehat untuk Bangkit Bersama
Sosialisasi PMT Bumil, Bupati Usulkan Makanan Lokal Jadi Tambahan Gizi
FKP RSUD Sumberrejo, Bupati Harap Terus Tingkatkan Pelayanan Kesehatan
Turn Back Stunting, Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Di Bojonegoro

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06