oleh

Polemik CSR Migas di Blok Sukowati, Begini Rekomendasi Komisi C

bojonegorotoday.com – Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro memberikan beberapa rekomendasi pasca mediasi antara Pemerintah Desa (Pemdes) Campurejo dengan Pertamina EP Aset 4 Sukowati Field.

Ketua Komisi C, DPRD Kabupaten Bojonegoro, Mochlasin Afan mengatakan, beberapa rekomendasi yang disampaikan diharapkan menjadi titik terang bagi keduabelah pihak. Keterbukaan dan komunikasi intens menjadi syarat utama.

Komisi C merekomendasikan, supaya Pertamina EP Aset 4 Sukowati Field melakukan komunikasi baik dengan pemerintah desa atau warga masyarakat terdampak (ring satu). Sehingga tidak ada kecurigaan.

“Akan melakukan Forum Grup Diskusi (FGD) dengan pihak-pihak terkait untuk membahas isu CSR yang akan dikelola Pemkab,” kata Politisi Partai Demokrat ini.

Kemudian, lanjutnya, melakukan identifikasi kebutuhan tenaga kerja (naker) di perusahaan Migas tersebut dan menyampaikan informasi kebutuhan naker kepada masyarakat agar warga di sekitar atau ring satu bisa mengisi kebutuhan naker sesuai kualifikasi.

“Lalu, segera berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk meminta kejelasan pembebasan lahan sebagaimana tuntutan warga Desa Campurejo,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi C Ahmad Supriyanto mengatakan, pihaknya saat ini juga konsen di bidang ketenagakerjaan. Sehingga, isu sekecil apapun yang terkait ketenagakerjaan bakal didiskusikan. Apalagi menyangkut naker lokal.

“Saat mediasi, kami sempat menanyakan komposisi kebutuhan tenaga kerja, namun pihak Pertamina EP Aset 4 mengaku tidak memiliki data falid,” ucap Politisi Partai Golkar ini.

Meskipun saat ini Pertamina EP Aset 4 Sukowati Field berbelit terkait data tenaga kerja. Namun, pihaknya bakal mengawal penuh keterlibatan tenaga kerja lokal di perusahaan Migas tersebut. Hal itu juga menjadi hak masyarakat setempat.

“Kami berharap, pasca mediasi ini menjadi awal yang lebih baik dan masyarakat di ring satu dapat menjaga stabilitas sosial,” tutupnya. (mil/yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Today