oleh

Jelang Arus Mudik, Sekcam Kanor : Desa Diharapkan Sedia Tempat Isolasi

bojonegorotoday.com – Menindaklanjuti surat Bupati Bojonegoro Nomor 141/1378/412.211/2020 tanggal 2 April 2020, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bojonegoro, menghimbau supaya tempat isolasi di masing masing desa segera rampung.

Tempat isolasi diperuntukan khusus bagi warga atau pemudik yang berasal atau bekerja di wilayah zona merah atau daerah positif Covid-19. Yakni, berupa bangunan ruang dengan fasilitas standar tempat tinggal sementara yang layak huni.

“Tempat isolasi khusus pemudik dari daerah zona merah,” kata Kepala Dinas PMD Bojonegoro, Machmuddin, kepada bojonegorotoday.com (BToday), Senin (06/04/2020).

Meski sudah ada himbauan dari Pemerintah untuk tidak mudik, tetapi tidak menutup kemungkinan masyarakat melakukan mudik ke wilayah desa asal masing masing menjelang puasa ramadhan dan lebaran hari raya idul fitri mendatang.

“Sehingga perlu langkah antisipasi menghadapi pemudik,” tandasnya

Ia menambahkan, tempat isolasi harus ada tempat tidur, jaringan listrik, air bersih adanya ventilasi dan kamar mandi/WC. Namun, ruang isolasi tersebut bukan kantor desa. Tetapi fasilitas ruang lain yang ada di desa. Misalnya, ruang kelas yang tidak terpakai.

“Bisa juga bangunan rumah penduduk yang sementara kosong atau bangunan lain manyesuaikan kondisi yang ada di desa,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Kanor melalui Sekretaris Camat (Sekcam), Riyono mengungkapkan, bahwa pihaknya telah menyampaikan terkait penyediaan tempat isolasi bagi pemudik yang bekerja di wilayah zona merah atau daerah positif virus corona (Covid-19).

“Tempat atau ruang isolasi sedang dipersiapkan di masing masing desa,” kata pria berkacamata ini.

Ia berharap supaya tempat atau ruang isolasi di masing masing desa di Kecamatan Kanor segera rampung. Sebagai upaya menghadapi pemudik dari wilayah zona merah. Sudah ada himbauan jangan mudik, namun tidak menutup kemungkinan ada yang mudik. (mil/yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *