Pemkab Bojonegoro Antisipasi Wabah PMK pada Hewan Ternak Jelang Idul Adha

- Reporter

Kamis, 7 Juli 2022 - 12:48

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO – Melalui Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol) Bojonegoro, Pemerintah Kabupaten setempat mengggelar rapat koordinasi tim terpadu dalam rangka antisipasi pelaksanaan Hari Raya Idul Adha ditengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang ada di Bojonegoro, Kamis (07/07/2022).

Dalam laporannya, Mahmudi Kepala Bakesbangpol Bojonegoro, Mahmudi, menyampaikan, Pemerintah melalui BNPB telah menetapkan status keadaan tertentu darurat penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak melalui Surat Keputusan Kepala BNPB No.47 Tahun 2022 pada tanggal 2 Juli Tahun 2022.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka pemkab perlu menggelar rapat koordinasi dengan tim terpadu penanganan konflik sosial. Rakor dihadiri langsung Bupati Bojonegoro, Komandan Kodim 0813, Kapolres Bojonegoro, dan diikuti Sekretaris Daerah, Kepala Kemenag Bojonegoro, Asisten 1, Kepala Disnakan, Forkopimca, serta tim terpadu penanganan konflik Kabupaten Bojonegoro.

Pemkab bersama dengan TNI POLRI terus berupaya dalam mengantisipasi penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak khususnya di Bojonegoro. Terhitung mulai 14 Mei hingga 6 Juli di Bojonegoro tercatat ada sebanyak 1466 hewan yang terkena wabah, 891 ekor sembuh, 8 potong paksa, dan mati 12 ekor.

Dalam arahannya, Bupati Anna mengimbau kepada masyarakat tidak perlu khawatir soal wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak, dipastikan hewan-hewan ternak yang ada di Bojonegoro dalam menjelang Hari Raya Idul Adha semuanya sehat, dan pelaksanaan sholat ied hingga pemotongan hewan dapat berjalan dengan lancar.

“Pemkab bersama TNI, POLRI akan terus bersinergi dan berupaya dalam menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam menjalakan ibadah,” terang Bupati.

Baca Juga :  352 Desa Bebas ODF, Tahun Ini Target Selesai

Komandan Kodim 0813 Bojonegoro, Arif Yudho menjelaskan, langakah dan upaya yang dilakukan ada tim gabungan yang terdiri dari TNI, POLRI, DISHUB, SATPOL PP, Dinas Peternakan Dan Perikanan melakukan kegiatan penyekatan diwilayah perbatasan Bojonegoro, yakni Margomulyo, Padangan, Trucuk, Baureno, dan Gondang.

“Tujuannya agar tidak ada hewan ternak yang keluar dan masuk membawa wabah ke Bojonegoro. Tim gabungan juga melakukan pengecekan, inventarisasi dan penyemprotan disinvektan, dan pemberian Vaksinasi PMK ke masyarakat yang memelihara hewan ternak. Sampai saat ini sudah mencapai 3100 dosis,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad menambahkan, dalam pelaksanaan hari raya Idul Adha nanti rencananya juga akan melibatkan personel dalam pengamanan yang terdiri dari TNI, POLRI, DISHUB, SATPOL PP, dan Ormas Keagamaan, baik pengamanan dalam ibadah sholat ied, maupun pemotongan hewan kurban. (bid)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Beragam Inovasi dan Komitmen RSUD Sosodoro Siap Menuju WBBM
Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan UHC dari Wapres RI
Optimalkan Pencegahan Stunting, Pemkab Bojonegoro Gelar Aksi Gizi Sekolah
Bupati Anna Resmikan Poliklinik Wijaya Kusuma
RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Ajak Warga Bojonegoro Waspadai Osteoarthritis
Ikuti Jalan Sehat, Bupati Anna Ajak Masyarakat selalu Sehat untuk Bangkit Bersama
Sosialisasi PMT Bumil, Bupati Usulkan Makanan Lokal Jadi Tambahan Gizi
FKP RSUD Sumberrejo, Bupati Harap Terus Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06