oleh

Beri Bimbingan Teknis, Bupati : Perlu Pengaturan Air Pertanian Dengan Baik

bojonegorotoday.com – Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA), Gabungan Himpunan Petani Pemakai Air (GHIPPA) dan Induk Himpunan Petani Pemakai Air (IHIPPA) daerah irigasi Pacal Kanan Kecamatan Sumberejo diberi bimbingan teknis, Senin (07/09/2020).

Bimbingan teknis yang diselenggarakan di Desa Ngampal, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro tersebut dihadiri Bupati Bojonegoro, BBWS Bengawan Solo, Pengurus dan anggota HIPPA/GHIPPA/IHIPPA daerah irigasi Pacal Kanan, kecamatan setempat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PUSDA) Kabupaten Bojonegoro, Tedjo Soekmono mengatakan, bahwa kegiatan ini bentuk komitmen menumbuhkan keberadaan HIPPA/GHIPPA/IHIPPA untuk mendukung kegiatan produksi pertanian.

“Daerah irigasi Waduk Pacal sendiri dibagi dua yaitu daerah irigasi Pacal Kiri seluas 1965 hektar dan daerah irigasi Pacal Kanan 14659 hektar,” katanya.

Waduk Pacal merupakan waduk yang bersifat musiman atau tadah hujan. Karena itu, perlu pengaturan air yang terpola dengan baik untuk kebutuhan pertanian serta peran aktif dari HIPPA/GHIPPA/IHIPPA sehingga dapat terpola dengan baik dan benar.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menyampaikan, pemerintah kabupaten memang menyiapkan sumberdaya air untuk pertanian. Sehingga nanti pertanian yang ada di wilayah Kabuapten Bojonegoro bisa berjalan dengan baik.

“Diharapkan juga ada peran aktif dari HIPPA/GHIPPA/IHIPPA agar bisa memberikan laporan yang sesuai agar kebutuhan air bisa digunakan dengan maksimal sesuai dengan kebutuhan,” pungkas Bupati. (mil/yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *