oleh

Tekan Angka Pengangguran, Disperinaker Maksimalkan Pelatihan dan Penyediaan Lowongan Kerja

bojonegorotoday.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro terus berupaya dan kerja keras dalam menekan angka pengangguran dan menyediakan lowongan kerja, melalui kerjasama dengan beberapa perusahaan.

Baik perusahaan yang ada di Bojonegoro maupun di luar Bojonegoro, supaya masyarakat masih dapat bekerja atau untuk mendaftar pada lowongan pekerjaan (loker) yang tersedia.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Perinaker) Kabupaten Bojonegoro, Welly Fitrama mengatakan, sampai bulan Agustus 2020 lowongan pekerjaan yang sudah diumumkan sekitar 3.780 lowongan.

“Harapan kami masyarakat Bojonegoro khususnya, bisa melamar pekerjaan tersebut,” katanya, Senin (07/09/2020).

Diketahui, berdasarkan dara dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Perinaker) Kabupaten Bojonegoro pada akhir 2019, tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Bojonegoro sebanyak 26.071 orang.

Akibat Pandemi Covid-19, hingga semester pertama 2020, ada sekitar 13.111 orang yang kehilangan pekerjaannya. Sampai akhir Juni 2020, tingkat pengangguran terbuka sekitar 39.182 orang.

Sebagai upaya untuk menekan tingkat pengangguran terbuka (TPT), Pemerintah Kabupaten Bojonegoro terus berupaya menekan tingkat pengangguran di Bojonegoro agar masyarakat tetap bisa produktif.

Salah satu program Disperinaker Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan pelatihan – pelatihan, sehingga diharapkan masyarakat bisa mandiri dengan berwirausaha. Tahun ini, menyediakan pelatihan bagi 1.292 orang.

“Mulai pelatihan untuk painting batik, logam, hasil kehutanan, makanan ringan, olahan pertanian, yang memang dibutuhkan masyarakat,” ucapnya.

Pihaknya menginginkan, masyarakat memiliki kemampuan beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19 ini dan masyarakat tetap bisa kreatif dan inovatif. Sehingga jumlah pengangguran di Bojonegoro berkurang.

“Selain itu, juga mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dan berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan,” pungkasnya. (mil/yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *