oleh

Cegah Sebaran Covid-19, PDIP Bojonegoro Bagikan Alat Cuci Tangan dan Masker

bojonegorotoday.com – Dewan Pimpinan Cabang Partai Perjuangan Indonesia (PDIP) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, membagikan 10 tong westafel dan seribu masker gratis kepada masyarakat Bojonegoro, Rabu (08/04/2020) pagi. Hal ini guna melawan penyebaran Virus Corana (Covid-19) yang mejadi pandemik secara global.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Bojonegoro, Bambang Sutriyono mengatakan, Partai PDIP konsen dalam penanganan virus Covid-19 yang saat ini mewabah dengan berbagai upaya kesadaran kebersihan dan menjaga lingkungan kepada kepada masyarakat Bojonegoro. Mengedukasi masyarakat untuk pola hidup bersih dan rajin mencuci tangan dengan sabun pada dengan mengalir, sebelum dan sesudah beraktifitas.

“Sesuai rekomendasi WHO, kita jalankan semua harus menggunakan masker, Penggunaan masker sangat penting karena banyak kasus positif virus corona tanpa gejala yang mungkin berada di tengah masyarakat. Ini membuat penularan dapat terjadi tanpa disadari,” katanya.

Partai PDI Perjuagan total telah membagikan 1.500 kepada masyarakat. Masker ini sebagai bentuk kebersamaan melawan penyebaran corona. Sebab di Bojonegoro data sebaran pada tanggal 08 April 2020 yang dirilis Pemerintah Kabupaten Bojonegoron ada 52 DDP. Sedangkan selesai dalam pemantauan 4 orang, jumlah Paseien Dalam Pantauan 1 orang dan pasien dikatakan positif masih nol.

Ia menambahkan, gerakan ini baru awal partai dengan membagikan 10 westafeel penyuci tanggan di 8 kecamatan, sedangkan sisanya akan dilakukan secara berkala.

“Dalam kondisi sekarang ini, masker tentu saja menjadi barang teramat berharga bagi para masyarakat dan petani di Bononegoro. Sebab mencari masker saat ini sudah seperti berburu harta karun. Kalau pun ada dijual dipasaran, harganya tentu mahal sekali,” imbuhnya.

Meski demikian, pihak juga menekankan bahwa masker bedah dan masker N95 hanya untuk digunakan oleh petugas kesehatan. Masyarakat diminta menggunakan masker kain saat beraktivitas di luar rumah. Selain penggunaan masker, kebiasaan cuci tangah juga menjadi hal yang krusial.

“Sebagian dari kita juga tidak menyadari kita rentan sehingga belum jaga jarak, masih belum menggunakan masker, masih ada yang belum rajin cuci tangan,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Bidang Maritim DPC PDIP Bojonegoro, Malikin, tujuan dari kegiatan bagi-bagi masker ini untuk melindungi warga Bojonegoro yang sedang melakukan aktivitas dan yang bekerja baik di pasar maupun di lahan pertanian. Sebab, Pandemik Covid-19 ini tidak tahu sampai kapan berakhir.

Sehingga kewaspadaan dan pola hidup sehat menjadi lebih utama dalam mengatasi virus yang saat ini sedang mewabah saat ini. “Kejadaian saat ini baru terjadi di Indonesia meskipun dulu sudah ada SARS dan Mers tetapi penyebaranya tidak secepat Covid-19,” tuturnya saat bagi-bagi masker ditengah masyarakat.

DPC PDI Perjungan sementara telah menyiapkan 3000 masker yang akan dibagikan gratis ke masyarakat secara berkala. Pihaknya juga menuturkan, semua Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Bojonegoro telah melakukan penanganan Covid-19 ini dengan membuka Posko Gotong Royong melawan Covid-19 yang sementara ditempatkan dirumah pribadi anggota DPRD PDIP.

“Kalau lingkup Kabupaten Bojonegoro, Dewan Pimpinan Cabang PDIP membuka posko lawan Covid-19 di Kantor DPC PDIP Kabupaten Jalan Panglima Polim, hal ini sesuai dengan intruksi partai guna memerangi virus yang sedang mewabah ssaat ini,” pungkas Ebit, sapaan akrabnya. (lan/yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *