Peletakan Batu Pertama, Tanda Segera Dimulai Pembangunan Jembatan Kanor-Rengel

- Reporter

Jumat, 9 April 2021 - 05:21

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO – Peletakan batu pertama pembangunan jembatan penghubung Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro dengan Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban dilakukan Bupati Bojonegoro bersama Wakil Bupati Tuban, Jumat (09/04/2021).

Groundbreaking pembangunan jembatan penghubung Desa Semambung, Kecamatan Kanor Bojonegoro dengan Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel Tuban dilakukan di lokasi pembangunan jembatan di sisi atau wilayah Desa Semambung.

Pembangunan jembatan penghubung dua kabupaten ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam percepatan ekonomi masyarakat. Adanya jembatan ini akan membuka akses ekonomi, keagamaan, sosial, wisata dan akses lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kepala Dinas PU Bina Marga Bojonegoro, Retno Wulandari menjelaskan, bahwa jembatan tersebut terdiri dari 5 bentang. Menggunakan rangka baja tipe A. Kontruksi abutment menggunakan beton bertulang dan pondasi menggunakan tiang pancang.

Baca Juga :  Resmikan Gedung Baru DPRD, Bupati Anna Berharap Tingkatkan Fungsi Aspirasi dan Inspirasi

“Lebar jalur kendaraan 7 meter ditambah 2 kali 1 meter,” jelasnya.

Panjang bentang 1 dari tumpuan ke tumpuan sepanjang 20 meter. Lalu, panjang bentang 2 dari tumpuan ke tumpuan sepanjang 55 meter. Panjang bentang 3 dari tumpuan ke tumpuan 60 meter. Panjang bentang 4 dari tumpuan ke tumpuan sepanjang 55 meter.

“Total bentang sepanjang 210 meter,” ujarnya.

Retno menambahkan, pembangunan jembatan meliputi struktur bawah jembatan (Abutment dan Pilar Jembatan. Dan, struktur atas jembatan serta finishing (Pemasangan Rangka Baja Jembatan. Jembatan tersebut melintas di atas sungai Bengawan Solo.

“Anggaran pembangunan jembatan ini sebesar Rp 88,6 miliar dari APBD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah mengatakan, bahwa pembangunan jembatan penghubung atantar dua kabupaten ini niscaya akan membuka akses perekonomian, wisata, budaya, pendidikan, untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Kajari: BKD Bentuk Keseriusan Bupati Anna Membangun Desa

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan Jembatan Kanor Rengel ini,” ucap Bupati.

Bupati Anna menambahkan, pembangunan daerah harus serius dilakukan melalui perencanaan daerah. Daerah tidak harus menyimpan uang, daerah harus membangun. Percepatan pembangunan ini tentunya akan meginspirasi kabupaten lain.

“Kalau jembatan sudah jadi, tentunya akan menumbuhkan perekonomian warga sekitar,” kata Bupati perempuan pertama di Bojonegoro ini.

Seperti diketahui, hampir lima tahun lebih rencana pembangunan jembatan Kanor – Rengel ini terkatung-katung. Yang menjadi persoalan ternyata kurang seriusnya komunikasi antar Pemkab Bojonegoro dengan Pemkab Tuban, serta Pemrov Jatim.

Nah, pada era Bupati Anna Muawanah, tepatnya tahun 2019. Pihaknya langsung melakukan komunikasi dengan Pemkab Tuban, bagaimana bagusnya, karena pembangunan jembatan ini untuk pelayanan masyarakat dan membuka akses perekonomian.

Baca Juga :  Gerakan Kembali ke Meja Makan Upaya Membangun Komunikasi Dan Kedekatan Keluarga

Alhasil, Pemkab Tuban mendukung dan mempermudah segala perizinan, bahkan telah menghibahkan sebagian tanah Bantaran Bengawan, tepatnya di sisi barat. Pemkab Tuban mendukung dan kebagian perizinan UKL, UPL, dan sebagainya. (mil/yud)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, Bakorwil Bojonegoro Gelar Pasar Murah
Kantor Kemenag Bojonegoro Kembali Raih Penghargaan Pengelolaan Keuangan Terbaik
Pemkab Bojonegoro Akan Bangun 170 Km Jalan Desa Melalui Dana BKK 
Serahkan SK PPPK Nakes, Bupati Anna Ajak Tingkatkan Kualitas SDM
Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Realisasi PAD Tertinggi Se Indonesia
Lantik Pejabat Lingkup Pemkab, Bupati Anna Wanti-wanti Tahun Politik
Penetapan Hari RPL di Bojonegoro, Pemkab Bojonegoro Lanjutkan RPL Jenjang Magister
Pemkab Bojonegoro Sosialisasikan Rencana Tindak Darurat Bendungan Pacal

Berita Terkait

Sabtu, 4 November 2023 - 08:37

Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Habib di Solo: Mereka Soroti Pendidikan

Kamis, 10 Februari 2022 - 08:45

Komunitas Petani Muda Bojonegoro Deklarasi Gus Muhaimin Jadi Presiden 2024

Berita Terbaru

Beberapa varietas yang disukai adalah Inpari 32. Para petani menyukai varietas ini karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Pertanian

Jelang Musim Tanam, Petani Lebih Suka Benih Inpari 32

Minggu, 5 Nov 2023 - 05:06