oleh

Ketua Peradi Bojonegoro Apresiasi Manfaat Kartu Pra Kerja

bojonegorotoday.com – Kartu Pra Kerja yang di keluarkan oleh Pemerintah Jokowi-Ma’ruf sangat dirasakan warga di berbagai daerah. Tak terkecuali Bojonegoro. Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Bojonegoro, Mansur, mengapresiasi keberhasilan program ini.

Mansur mengatakan program yang digagas oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ini sangat bermanfaat bagi para pemuda yang telah lulus menempuh pendidikan, tapi belum mendapatkan kerja. Apalagi kondisi saat ini dalam suasana pandemi Covid-19.

“Jadi sangat bermanfaat sekali bagi para pemuda yang belum mendapatkan kerja,” kata Alumni Universitas Jember, Jawa Timur ini, Rabu (10/06/2020).

Pria yang juga Wakil Ketua Bidang Hukum dan Ham DPD Partai Golkar Bojonegoro ini menambahkan program tersebut perlu dipertahankan. Sebab, program itu bisa membantu para pemuda. Selain mendapatkan insentif juga mendapatkan pelatihan.

“Para peserta yang terdaftar akan menerima bantuan uang sebesar Rp 3.550.000 untuk keperluan biaya pelatihan dan insentif atau uang saku,” ujar Mansur.

Keuntungan lain, lanjut Dosen di Fakultas Hukum Universitas Bojonegoro ini, Kartu Prakerja memberikan kursus bagi para pesertanya tanpa perlu membayar.

Sebenarnya, pelatihan-pelatihan yang diselenggarakkan mitra di Kartu Prakerja dikenakan biaya, namun di program ini biaya pelatihan ditanggung oleh pemerintah. Sehingga peserta tak perlu membayar atau gratis untuk ikut pelatihan atau kursus yang ada.

Lebih lanjut kata dia, Kartu Prakerja ada beberapa pilihan pelatihan yang bisa diambil sesuai dengan minat peserta Kartu Prakerja 2020. Tujuan pelatihan Kartu Prakerja adalah memberikan keterampilan yang bisa digunakan untuk kebutuhan industri maupun berwirausaha.

Beberapa alternatif pelatihan antara lain cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan lain-lain. (mil/yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Today