oleh

Bupati Bojonegoro Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Sumber Mata Air

bojonegorotoday.com – Bupati Bojonegoro Anna Muawanah menghadiri sosialisasi pengelolaan das secara terpadu serta kerja bakti pelestarian sumber air di sendang sumber bening Desa Kunci, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (11/08/2020).

Bopati Bojonegoro turut turun langsung kerja bakti membersihkan sampah disekitaran sendang bersama pemerintah desa dan warga desa setempat. Pihaknya miris melihat banyaknya sampah disekitaran dan di dalam sendang serta aliran air.

Bupati perempuan pertama di Bojonegoro ini mengatakan, sebelumnya pihaknya menjinjau sumber air di Kecamatan Dander Bojonegoro melihat banyak sampah rumah tangga berserakan di sekitaran sumber air, sehingga terkesan kumuh dan kotor.

“Setelah itu kami melakukan koordinasi dengan forkopimda dan PU SDA untuk melakukan gotong royong bersih sehat untuk sumber air,” katanya disela-sela kerjabakti.

Kebersihan sumber air untuk dimaksimalkan dalam penggunaan dan kebersihan. Sehingga terlihat bersih dan sehat. Kerjabakti di sendang sumber bening dikerjakan secara manual bersama forkopimda. Masyarakat setempat diharapkan menjaga kelestarian sendang.

“Terkait konsep wisata, akan kita koordinasikan lebih lanjut,” ujar Bupati.

Setelah ini Bupati Bojonegoro bakal mengidentifikasi beberapa sumber air di Kecamatan Dander dalam rangka revitalisasi serta mengajak masyarakat untuk menjaga sumber mata air. Sebab tidak semua desa memiliki sumber mata air.

“Kami meminta kepada pemerintah desa untuk konsisten melakukan gerakan bersih ini,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengintruksikan untuk selalu mengedukasi warga tidak membuang sampah di sekitaran sumber mata air khususnya. “Mari menjaga sumber mata air, karena adalah sumber kehidupan,” pungkasnya. (mil/yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *