oleh

13 Partai Politik di Bojonegoro Terima Banpol

BOJONEGORO – Pemkab Bojonegoro menyerahkan Bantuan Keuangan Partai Politik (Banpol) tahun 2021 kepada 13 Partai Politik yang memiliki wakil di DPRD Bojonegoro. Penyerahan dilaksanakan secara simbolis.

Acara tersebut dirangkai dengan seminar penguatan dan implementasi kelembagaan partai politik, di Ballroom Jasmine Dewarna Hotel dan Convention Bojonegoro, Kamis (14/10/2021).

Acara tersebut dihadiri Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bojonegoro, Ketua KPU Bojonegoro, Ketua Bawaslu Bojonegoro serta 13 Ketua dan Sekretaris Parpol penerima Banpol.

Banpol tersebut sesuai PP No. 1 Tahun 2018 Tentang Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik, serta Permendagri No. 36 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penghitungan, Penganggaran dalam APBD dan Tata Tertib Administrasi Pengajuan, Penyaluran dan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik.

Dalam aturan itu disebutkan parpol menerima Rp 1.500,- dikalikan perolehan suara sah Partai Politik dalam pemilu 2019 lalu. Sehingga total Rp 1.176.303.000 dicairkan untuk 13 parpol.

Parpol-parpol penerima adalah Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Golongan Karya, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera.

Lalu, Partai Keadilan dan Persatuan, Partai Persatuan Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan.

Penyerahan Banpol tahun 2021 ini merupakan salah satu upaya Pemkab Bojonegoro melalui Partai Politik dalam mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pendidikan politik.

Dalam sambutannya, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah meminta kerja sama dari Partai Politik untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, khususnya generasi muda untuk terlibat aktif dalam kegiatan politik.

Hal tersebut sesuai dengan Permendagri Nomor 36 Tahun 2018 pemanfaatan Banpol salah satunya adalah untuk memberikan pendidikan politik.

“Tugas Pemkab melalui Bakesbangpol adalah bagaimana mengajak masyarakat terlibat aktif politik dan mengajak generasi muda belajar dan aktif berpolitik. Maka kita meminta bantuan Parpol untuk membantu Pemkab mensukseskan sosialisasi politik kepada masyarakat,” katanya.

Bupati Anna menambahkan, Partai politik merupakan elemen penting dalam Negara Demokrasi yang bukan hanya sekedar dalam proses politik, namun juga mampu memberikan konstribusi dalam memecahkan persoalan masyarakat melalui fungsinya yaitu penyalur aspirasi rakyat.

“Maka penting bagi semua unsur pemerintahan untuk menjalankan politik yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1995,” pungkasnya. (din/mil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *