Bupati Bojonegoro bersama Menteri Desa PDTT, Bahas Percepatan Pembangunan Desa

  • Bagikan
FOTO: Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Anna Muawanah menghadiri pertemuan dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) di Ruang Rektor Universitas Negeri Surabaya, Selasa (15/02/2022).

BOJONEGORO – Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Anna Muawanah menghadiri pertemuan dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) di Ruang Rektor Universitas Negeri Surabaya, Selasa (15/02/2022).

Dalam kesempatan tersebut, juga hadir Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Sementara, Bupati Anna hadir didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Bojonegoro, Machmuddin.


Pertemuan dengan Menteri PDTT, Abdul Halim Iskandar, ini membahas persiapan pelaksanaan program rekognisi pembelajaran lampau desa (RPL Desa) dalam rangka mendukung percepatan pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Selain it, juga untuk mengakselerasi kemajuan serta kemandirian desa. Dalam hal ini dibutuhkan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di desa setempat.

Sebelumnya, Kementerian Desa PDTT memiliki program RPL Desa yang dilaksanakan sesuai Nota Kesepahaman Bersama (MoU) Kementerian Desa PDTT bersama Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan Forum Perguruan Tinggi untuk Desa (PERTIDES).

“Ibu Bupati telah berkoordinasi dengan Pak Menteri,” kata Kepala Dinas PMD Bojonegoro, Machmuddin.

Dasar RPL Desa, lanjut Mahmudin, adalah Perpres No 85 Tahun 2020 dan Pemendikbud Ristek No 41 Tahun 2021. Pertemuan sendiri dilaksanakan dalam dua sesi. Pada sesi pertama membahas kebijakan umum program RPL Desa dan sesi kedua membahas tindak lanjut kebijakan umum secara teknis.

RPL Desa ditujukan kepada kepala desa, perangkat desa, anggota BPD, pengelola BUMDes, tenaga pendamping profesional, serta pegiat pemberdayaan masyarakat desa untuk menempuh pendidikan tinggi melalui RPL Desa. (mil)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.