oleh

Kabupaten Bojonegoro Masuk Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik 2021

BOJONEGORO – Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, masuk daftar finalis Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021. Inovasi yang meraih prestasi ini adalah ‘Ritmik Energik’ yang diinisiatori Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro.

Masuknya Kabupaten Bojonegoro dalam daftar finalis berdasarkan pengumuman Kemenpan-RB 16 Juni 2021 Nomor : B/112/PP.00.05/2021 tentang Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik, KIPP di lingkungan Kementerian/Lembaga, PEMDA, BUMN dan BUMD Tahun 2021.

Kepala Komite Medik, dr. Rio Herdyanto, Sp. JP(K) FIHA mengatakan, inovasi layanan ‘Ritmik Energik’ ini merupakan sistem rujukan terintegrasi kasus infark miokard dan kasus emergency jantung yang lain dengan penanganan yang komperhensif.

Baca Juga :  Bimbingan Teknis, Bupati Anna Ingatkan Kades Pertanggungjawaban BKD

“Sistem rujukan ini pertama kali ditujukan dengan tujuan menurunkan angka kematian akibat serangan jantung maupun kasus kegawatdaruratan jantung yang lain,” katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro, dr. Ahmad Hernowo, M.Kes mengatakan, bahwa kematian karena serangan jantung dan gangguan jantung memang hampir di semua daerah cukup tinggi.

Baca Juga :  Bupati Bojonegoro Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Sumber Mata Air

Maka, kata dia, adanya inovasi layanan Ritmik Energik ini dapat menurunkan angka kematian yang diakibatkan serangan jantung maupun kegawatdaruratan jantung lainnya. Penanganan kegawatdaruratan jantung memerlukan kecepatan.

“Karena penanganan kegawatdaruratan jantung memerlukan kecepatan dan ketepatan dan keakuratan, jadi untuk mewujudkan itu perlu adanya networking,” pungkasnya. (din/mil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *