oleh

Upacara HSN 2021, Bupati Berharap Santri dapat Berkontribusi dalam Penanganan Covid

BOJONEGORO – Dalam rangka Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 22 Oktober 2021, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menggelar upacara HSN di Pendopo Pemkab Bojonegoro secara virtual diikuti Forkopimcam se Kabupaten Bojonegoro di Pendopo Kecamatan setempat.

Upacara tersebut turut dihadiri Forkopimda, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Kemenag Bojonegoro, Pimpinan Pondok Pesantren, Pimpinan Ormas, Penerima Hadiah Lomba HSN.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah selaku inspektur upacara HSN 2021 menyampaikan, bahwa pemerintah telah menetapkan tema Hari Santri Nasional 2021 ‘Santri Siaga Jiwa Raga’. Tentunya penentuan tema tersebut merupakan pertimbangan yang matang.

Pengertian Santri Siaga Jiwa dan Raga adalah dalam kaitannya dengan membela tanah air dan mempertahankan persatuan Negara tercinta, Negara Indonesia.

“Penekanan ini sangat penting, mengingat situasi Pandemi Covid-19 yang masih menjadi momok hinggga saat ini, apabila tidak di awasi dengan baik dapat membawa bangsa pada perpecahan dan adu domba,” kata Bupati.

Pandemi Covid-19 bukan hanya berdampak pada kesehatan, namun juga ekonomi, pendidikan, keagamaan, dan kebudayaan. Penanganan Covid-19 jelas membutuhkan keterlibatan multi pihak, pemerintah, masyarakat, ekonomi, masyarakat sipil seperti NU, Muhammadiyah, dan lainnya di tuntut untuk bekerja sama.

Pemerintah sebagai pemegang kekuasaan di tuntut untuk mengambil arah kebijakan yang komprehensif dan konsisten. Santri yang memiliki modal keagamaan, sosial, dan budaya di tuntut kontribusinya dalam penanganan Covid-19, paling tidak menjaga komunitas santri dan pesantren agar tidak menjadi cluster.

“Melalui peringatan HSN 2021 ini, marilah kita para santri ber siaga jiwa, menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia, serta tetap siaga raga yang berarti badan, tubuh, dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia,” jelas Bupati.

Akhir acara, Bupati Bojonegoro bersama Forkopimda menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang lomba peringatan HSN tahun 2021 yang di selenggarakan Kementerian Agama Bojonegoro. (din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *