oleh

Jaring Bibit Atlet, Disdik Bojonegoro Gelar KOSN Tingkat SD dan SMP

BOJONEGORO – Sebagai meningkatkan potensi dan penjaringan bakat siswa, Dinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro menggelar Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tingkat SD dan SMP. Kompetisi ini di cabang olahraga silat dan karate.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Bojonegoro, Suyanto mengatakan, tujuan KOSN untuk meningkatkan kompetensi anak di luar bidang akademiknya. Selain itu, untuk menjaring perwakilan dari kabupaten untuk dikirim ditingkat provinsi.

“Kompetisi ini juga untuk mengurangi aktifitas main gadget saat hari libur panjang sekolah,” katanya.

Suyanto menambahkan, untuk pertandinganya hanya 2 kategori, karena ini menindaklanjuti dari intruksi maupun petunjuk teknis (juknis) dari pusat, baik kementerian maupun provinsi yaitu pencak silat dan karate. Pelaksanaan KOSN dilaksanakan dua hari.

“Untuk pelaksanaan KOSN dilaksanakan dua hari, hari pertama jenjang SMP, hari kedua jenjang SD,” ungkap Suyanto.

Pelaksanaan KOSN yang di mulai tanggal 23-24 Juni di Aula SMT Model Terpadu Bojonegoro ini diikuti 27 wilayah di Kabupaten Bojonegoro di jenjang SMP.

“Kategori silat tingkat SMP diikuti oleh 21 peserta sedangkan kategori karate sebanyak 32 peserta. Sedangkan untuk hari ini jenjang SD kategori silat sebanyak 27 peserta untuk besok juga sama 27 peserta,” ujarnya.

Suyanto berharap, adanya perlombaan ini dapat menjaring bibit atlet silat maupun karate yang akan mewakili Kabupaten Bojonegoro ke tingkat Nasional. Selain itu, dapat terjalin komunikasi baik antara berbagai macam perkumpulan silat dan karate. (din/mil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *