oleh

Bupati Bojonegoro Minta Semua Bansos Covid-19 Segera Disalurkan

BOJONEGORO – Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, meminta pemerintah desa meningkatkan peran penyaluran bantuan sosial (bansos). Selain itu Bupati juga mendorong desa melakukan pendataan penyintas Covid-19 untuk diarahkan donor plasma konvalesen.
 
Hal itu disampaikan Bupati Anna saat melantik Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Sumberagung, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro pada Senin (26/07/2021) di Pendopo Malowopati Bojonegoro.

Bupati meminta kepala desa segera menyalurkan bansos yang sudah ada kriterianya. Tak hanya itu, Bupati juga meminta untuk mengecek di balai desa terkait bansos yang belum terealisasikan. Mulai dari BLT DD, BPNT, BPNT Daerah serta pemutus mata rantai Covid-19 untuk segera di data.

“Setelah di data disampaikan ke pemerintah kabupaten. Sehingga dengan data Dinkes Bojonegoro bisa bersinambung,” kata Bupati Anna. 

Pemkab Bojonegoro mengakselerasi pembangungan desa, sehingga hal-hal yang sifatnya tidak tercover oleh desa, kepala desa bisa mengajukan ke pemkab. Sepanjang sesuai regulasi data aturan tentunya pemkab mempercepat pembangunan berbasis desa sebagai tumpuan hidup masyarakat.

“Bantu kami untuk memutus mata rantai Covid-19, terus sosialisasi lapangan dan imbauan pada masyarakat,” ucap Bupati.

Bupati menegaskan, seluruh warga yang pernah sembuh dari Covid-19 untuk segera mendaftar sebagai pendonor. “Untuk ASN, kepala desa, ketua RT, pendamping serta perangkat desa juga sifatnya wajib. Sudah terpapar dan sembuh ini wajib,” tegas Bupati.

Ditegaskan, langkah ini merupakan ihktiar membantu warga yang mencari donor plasma. Sifat empati, gotong-royong, serta kepedulian sesama perlu ditingkatkan untuk membantu menyelamatkan warga yang terpapar.

“Beberapa hari ini kita pantau. Dinas kesehatan sudah memverifikasi 1.568 calon pendonor. Saya minta pada kepala desa segera menyisir warganya dan mengindentifikasi kemudian sampaikan pada kecamatan,” kata Bupati.

“Untuk pendonor plasma konvalensen memang ada kriteria khusus yang wajib terpenuhi,” tambahnya. (din/yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *