oleh

Desa Sumbangtimun Raih Juara Tercepat Penyelesaian Pendataan SDGs

BOJONEGORO – Desa Sumbangtimun, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro tercatat sebagai juara tercepat di Kabupaten Bojonegoro dalam penyelesaian pendataan SDGs (Sustainable Development Goals) Desa.

Hal tersebut ditandai dengan Musdessus (Musyawarah Desa Khusus) yang dihadiri Kepala DPMD Kabupaten Bojonegoro, Machmuddin.

Pemerintah Desa Sumbangtimun melibatkan 41 enumerator dari warga desa setempat yang bertugas melakukan pendataan Desa, RT, Kepala Keluarga dan individu.

Selama kurang lebih dua bulan para enumator yang masuk dalam pokja relawan pendataan SDGs bekerja keras melakukan pendataan dengan mendatangi rumah warga.

Hingga akhirnya Desa Sumbangtimun menyelesaikan pendataan SDGs tercepat di Kabupaten Bojonegoro dari 419 Desa.

“Kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada enumerator yang telah bekerja keras hingga sampai nglembur di bulan puasa kemarin,” ungkap ketua Pokja Relawan pendataan SDGs, Desy Rukmana Apriani.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro, Machmuddin menyampaikan, apresiasi kepada Pemerintah Desa Sumbangtimun dan enumerator atau pendata yang telah bekerja keras menyelesaikan pendataan tepat waktu dan tercepat di Bojonegoro.

Machmuddin berpesan kepada Pemerintah Desa Sumbangtimun agar memelihara, menjaga, mengembangkan dan menganalisa data tersebut untuk kebutuhan pembangunan desa.

“Data ini penting untuk desa agar terus dijaga dan dipelihara serta dianalisa sebagai bahan perencanaan pembangunan Desa,” katanya.

“Saya yakin tahun depan Desa Sumbangtimun menjadi Desa Mandiri karena selain desa ini sudah kuat dan memiliki modal sosial yang tinggi terbukti dari penyelesaian pendataan SDGs Desa tercepat,” tambahnya.

Dari data SDGs Desa Sumbangtimun tercatat data individu sebanyak 2603 orang, 856 Kepala Keluarga ada 16 RT. Dalam acara Musdessus tersebut juga dilaksanakan penandatangan prasasti penghargaan penyelesaian data SDGs Desa tahun 2021.

Untuk Desa Sumbangtimun melibatkan Kepala Dinas DPMD Kabupaten Bojonegoro, Ketua Pokja Relawan Pendataan SDGs, Kepala Desa Sumbangtimun, PIC SDGs Kabupaten Bojonegoro dan Koordinator P3MD Kabupaten Bojonegoro. (din/mil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *