oleh

Wabup Bojonegoro Hadiri Sertifikasi Halal Produk UMKM

BOJONEGORO – Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto, menghadiri bimbingan sertifikasi halal produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang diselenggarakan komunitas Creative Economy Center (CEC) di Aula Bakorwil Bojonegoro, Kamis (20/05/2021).

Hal tersebut juga dalam rangka peningkatan kapasitas anggota dan sekaligus memeringati hari kebangkitan nasional.

Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto menyampaikan, bahwa produk UMKM di Kabupaten Bojonegoro ada banyak, perlu upaya secara bersama-sama untuk melakukan pembinaan, karena UMKM ini adalah jantung ekonomi sebuah daerah.

“Dalam menjalankan UMKM perlu adanya kolaborasi dengan pemerintah dan perusahaan agar bisa saling mendorong kemajuan sebuah perekomian daerah,” kata Wabup.

“Sosialisasi produk halal ini adalah bagian dari sebuah kemajuan produk UMKM,” tambahnya.

Pihaknya berharap CEC bisa berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui dinas terkait, agar bisa mendapatkan bimbingan dan mampu membantu legalitas dan pemasaran produk UMKM.

“Perlu ada bimbingan dan pelatihan tingkat lanjut kepada pelaku UMKM di Kabupaten Bojonegoro, namun hal itu juga harus di rencanakan dengan baik karena kita harus merencanakan terkait pemasaran produk UMKM,” ucapnya.

Hal senada juga di sampaikan, Kepala Bidang Ekonomi Badan Kordinasi Wilayah (Bakorwil) Pemerintahan dan Pembangunan Bojonegoro, Hartanto. Pihaknya menyampaikan bahwa sosialisasi produk halal ini sangat penting sesuai dengan amanat undang undang.

“Sertifikasi halal merupakan peluang emas untuk menangkap peluang besar terhadap pemasaran produk UMKM, sehingga sertifikasi halal sangat diperlukan jika produk go internasional,” kata Hartanto.

Sementara itu, Ketua CEC Adip Nurdiyanto menyampaikan, dalam pelaksanaan ini rencana akan dilakukan penjaringan sertifikasi halal kepada pelaku UMKM yang dinaungi oleh komunitas CEC.

Pihaknya berharap, adanya kegiatan ini mampu meningkatkan kekompakan anggota Komunitas CEC di Kabupaten Bojonegoro dan dapat membantu pelaku UMKM agar bisa meningkatkan produk dan pemasaran. (muh/mil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *