Sambung Tali Asih, Bupati Bojonegoro Serahkan Bansos Kepada Ratusan Anak Yatim

Avatar
FOTO: Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Anna Mu'awanah saat menyerahkan bantuan sosial secara simbolis kepada anak yatim di gedung Sukorejo Sport Center (SSC) Bojonegoro, Jumat (29/04/2022).

BOJONEGORO – Kebahagiaan ratusan anak yatim di bulan mubarak menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H juga merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Anna Mu’awanah.

Hal ini tercermin ketika Bupati berkesempatan berbagi asih dengan sejumlah anak yatim yang hadir pada kegiatan penyaluran bantuan sosial berupa uang tunai di gedung Sukorejo Sport Center (SSC) Bojonegoro, Jumat (29/04/2022).


Pada kesempatan ini Bupati Bojonegoro menyerahkan Bansos berupa uang senilai masing-masing Rp 1.500.000 yang diserahkan langsung secara simbolis dan tunai kepada 412 anak yatim yang hadir dari Desa/Kelurahan Se Kecamatan/Kota Bojonegoro.

Kepala Dinas Sosial Bojonegoro, M Arwan mengatakan, penyaluran bansos ini dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar anak, serta untuk meringankan beban orang tua/wali demi tercapainya kesejahteraan dan taraf sosial mereka.

Tahun ini, pihaknya menargetkan sebanyak 6.857 sasaran anak yatim yang tersebar di 28 kecamatan. “Berkaitan dengan ini semoga lebih membantu dan kepada anak yatim khususnya di Kabupaten Bojonegoro,” ucap M Arwan.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah menyampaikan, pemberian santunan/bantuan sosial kepada anak yatim ini merupakan program prioritas Pemkab Bojonegoro sejak tahun 2019 lalu yang terus direalisasikan hingga sekarang.

Di dalam penyaluran bansos ini ada kriteria-kriteria yang mengacu pada Undang-undang No 23 Tahun 2022 Tentang Perlindungan Anak, yakni dibawah usia 18 tahun, sehingga ada kriteria yang harus terpenuhi dan terverifikasi.

Menurut Bupati, selain untuk meringankan beban bagi anak yatim maupun orang tua/walinya, program ini juga diharapakan bisa mengurangi kekerasan terhadap anak, trafficking dan sebagainya.

Karena biasanya efek sosial tersebut bisa berdampak pada psikologi si anak. “Mudah-mudahan adanya program ini bisa memberikan spirit bagi anak yang telah ditinggalkan orang tua untuk menggapai cita,” pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri 412 penerima bantuan sosial, Kepala Dinas Sosial, Pinca Bank Jatim Bojonegoro, Camat Bojonegoro, Kepala desa/ Ka Kelurahan se Kecamatan Bojonegoro. (din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *