oleh

Percepatan Realisasi BLT DD 2021, Cair Per Tiga Bulan

BOJONEGORO – Percepatan realisasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) April, Mei, Juni di Bojonegoro dilakukan dalam seminggu ini. Sementara, percepatan BLT DD Minggu kedua atau pertengahan Agustus untuk Juli, Agustus, September.

Target pada September mendatang, BLT DD sudah tersalurkan di 419 desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Machmuddin mengatakan, percepatan ini sesuai hasil koordinasi bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Kementrian Keuangan, dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Minggu lalu.

“Semula cair setiap satu bulan sekali, kini dapat dicarikan langsung tiga bulan,” katanya, Kamis (29/07/2021).

Percepatan realisasi BLT DD pun juga sejalan dengan perintah Bupati Bojonegoro Anna Muawannah untuk meningkatkan peran dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) oleh pemerintah desa.

Baca Juga :  3.275 Permohonan Santunan Duka Cair, Ahli Waris: Sangat Bermanfaat

Dalam sambutan Bupati Anna pada Senin (26/07/2021) saat melantik kepala desa pengganti antar waktu (PAW) Desa Sumberagung, Kecamatan Dander di Pendopo Malowopati, menegaskan untuk mempercepat penyaluran bansos yang telah memiliki kriteria.

Berdasarkan data DPMD Kabupaten Bojonegoro, pagu Anggaran BLT DD di Kabupaten Bojonegoro sebesar Rp 45,864 Miliar. Dengan 12.699 keluarga penerima manfaat (KPM) se Kabupaten Bojonegoro. Sementara ini, terrealisasi Rp 16,257 miliar atau 35,44 persen.

Machmuddin mengatakan, realisasi memang kecil sebab seharusnya sudah 50 persen karena masuk bulan Juni. Tetapi mulai hari ini, target selama dua Minggu ke depan bisa tersalur di Minggu ke dua bulan Agustus nanti. Target bisa tuntas sampai bulan September.

Baca Juga :  Pemkab Serahkan 3.313 Sertifikat Hak Atas Tanah

Ada beberapa hambatan. Hambatan ini karena OM-SPAN. Jadi hasil koordinasi dengan KPPN, kran untuk OM-SPAN dibuka. Lapor, cair dan lapor itu kami harus memasukkan laporan mereka ke OM-SPAN dan itu satu per satu. Mulai cek KTP, tanda-tangan sehingga prosesnya agak terlambat.

“Dari hasil koordinasi diputuskan, cairnya tidak satu bulan sekali tapi diharapkan tiga bulan,” jelasnya.

Besaran tunai yang diterima setiap KPM yakni Rp 300.000 per bulan selama 12 bulan. Minggu ini (akhir Juli) hingga minggu depan (awal Agustus) target menyelesaikan April, Mei, Juni mulai proses permohonan dan pencairan. Selelah itu, berlanjut untuk Juli, Agustus, September.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Bahas Persiapan New Normal

“Minggu ke dua paling lambat minggu ketiga Agustus apa yang diperintah kementerian keuangan bisa kami lakukan. Dan percepatan ini kemarin sudah dikoordinasikan atau disampaikan pada kecamatan melalui vidcon,” imbuhnya.

BLT adalah bantuan uang kepada keluarga miskin di desa untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19.

Rincian pencairan BLT DD 2021 oleh DPMD Bojonegoro pada Januari – Maret 419 desa telah mencairkan. April 328 desa telah mencairkan (sisa 91 desa belum mencairkan). Lalu, Mei 199 desa telah mencairkan dan Juni 21 desa telah mencairkan. (bid/yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *