oleh

Monumen Helicopter BO-105 Bolkow NV-406 di Bojonegoro, Saksi Bisu Tragedi Maut

BOJONEGORO – Komandan Puspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin S.H.,M.Han. membuka peresmian Monumen Memorial Helicopter BO-105 Bolkow NV-406 di Desa Deru, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (30/03/2021).

Laksamana Muda TNI Edwin, selaku Komandan Pusat Penerbangan TNI AL dan seluruh jajaran mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada H Sutiyo, pemilik lahan sawah yang sebagian lahannya untuk dibangun sebuah Monumen.

Kurang lebih 20 tahun silam, telah gugur empat prajurit Rajawali laut terbaik di tempat berdirinya Monumen tersebut pada Senin 21 Agustus 2000 pukul 14.27 Wib lalu.

“Saat itu Helicopter BO-105 Bolkow NV-406 Puspenerbal usai melaksanakan tugas Negara dalam mendukung Pengamanan Sidang Tahunan MPR Tahun 2000 di Jakarta,” katanya.

Dalam penerbangan tersebut (ferry flight) dari Semarang kembali ke pangkalan di Surabaya mengalami crash landing. Adapun Prajurit Rajawali Laut penerbang dan crew yang gugur atas nama Almarhum Lettu Laut Anumerta Daniel Ferry S. Captain Pilot.

Lalu, Almarhum Lettu Laut Anumerta Asep Bambang N. Copilot, Almarhum Sertu Anumerta Priyanto, flight engineer, Almarhum Sertu Anumerta Dwi Puryanto, mekanik-1, dan Sdri Ika K, Adik dari Copilot.

Dijelaskan, peresmian Monumen Memorial Helicopter BO-105 Bolkow NV-406 mengingatkan tentang jasa dan Darmabakti Prajurit Rajawali Laut Penerbangan TNI AL BO-105 NV-406 yang berjasa dan turut serta mempertahankan keutuhan NKRI.

“Juga mengingatkan kepada generasi muda tentang perjuangan dan pengorbanan para Prajurit TNI dalam melaksanakan tugas Negara,” ujarnya.

“Crash landing helicopter tersebut dapat diambil hikmah dan pelajaran, untuk senantiasa mengedapankan Safety Culture dalam melaksanakan tugas misi yang diemban,” tambahnya.

Penghargaan diserahkan kepada H. Sutiyo, pemilik lahan sawah, penyerahan dan tukar cindera mata kepada Kades Deru Mulyono, kepada Bupati Bojonegoro dalam hal ini diwakilkan Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Pemkab Bojonegoro, Yayan Rahman. (muh/yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *