oleh

Astuti Mobile Command Center Polres Bojonegoro Multi Fungsi

bojonegorotoday.com – Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia, SIK, MM, MH membuat terobosan dengan memodifikasi mobil patroli menjadi mobil yang multi fungsi seperti command center dan dilengkapi BOBOTA (Robot Bojonegoro Tangguh) dan mobil ini diberi nama Astuti Mobile Command Center.

Mobil yang diberi nama ASTUTI Mobile Command Center ini di launching Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia di halaman Mapolres Bojonegoro pada Rabu (30/12/2020).

Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia menjelaskan, bahwa Astuti Mobil Command Center merupakan Mobile Command Center yang memiliki multi fungsi sebagai pusat Monitoring, komunikasi, koordinasi, komando pengendalian personil dan informasi dalam bentuk kedaraan mobile yang dapat dipindah sewaktu-waktu sehingga sangat fleksibel dan dinamis untuk memudahkan operasional dilapangan.

Selain itu, Astuti Mobil Command Center untuk menyimpan, mengetahui, dan memberikan data dan informasi seputar kegiatan Polres Bojonegoro yang berhubungan dengan kebutuhan serta segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan Polres Bojonegoro. Saat ini semua ada di Astuti Mobile Command Center.

Baca Juga :  Warga Kanor Menangis Saat Didatangi Kapolres Bojonegoro

“Astuti Mobil Command Center ini untuk memudahkan komunikasi, monitoring, koordinasi, komando pengendalian personil saat dilapangan. Mobil ini bisa berpindah tempat menyesuaikan dengan kegiatan dan mudah dioperasionalkan,” tandas Mantan Kapolres Tulung Agung ini.

Astuti Mobil Command Center ini juga dilengkapi perangkat elektronik tactical map game sebagai portable dapat pula digunakan untuk kegiatan portable zoom metting, dan pengendali robot yang dimiliki Polres Bojonegoro yaitu BOBOTA (Robot Bojonegoro Tangguh) dan Drone yang berfungsi untuk pemantauan langsung dari udara.

Baca Juga :  Hari Ke-3 Ops. Bina Kusuma, Polres Bojonegoro Jaring 10 Pelajar Dan 9 Gepeng

“Mobil ini juga dilengkapi aplikasi berbasis Informasi dan Teknologi (IT),” kata Kapolres.

Dijelaskan, terkait Fungsi dari Astuti Mobil Command Centre adalah dilengkapi dengan kemampuan antara lain artificial intelligence untuk deteksi masyarakat yang tidak menggunakan masker dari PTZ CCTV, selain itu juga sebagai pusat komando dan pengendalian mobil.

“Mobil ini juga sebagai pusat monitoring CCTV dan monitoring kegiatan personil di lapangan, juga pos Pam mobil dalam kegiatan operasi khusus kepolisian atau operasi ketupat dan lilin semeru, juga sebagai pos pengamanan pada kegiatan tertentu atau event atau kegiatan masyarakat atau Pemkab,” jelas Kapolres.

AKBP Eva Guna Pandia juga menerangkan kelebihan dari Astuti mobil command center adalah efisien untuk handle pospam temporer atau daripada Pospam statis untuk lokasi yang tidak terlalu banyak kegiatan, kemudian bisa digunakan untuk mobilitas tinggi karena dapat berpindah tempat.

Baca Juga :  Resmi Jabat Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia Siap Sinergi

“Mobil Astuti Command Center ini sangat praktis, karena dilengkapi tenda kecil otomatis dan tersedia listrik dan genset, ads internet mandiri untuk akses aplikasi dan CCTV secara online, terintegrasi dengan BOBOTA dan Drone, dengan fasilitas multimedia lengkap,” tambah Kapolres.

Adanya Mobil Astuti Command Center ini Kapolres berharap adanya dukungan dan kerja sama untuk memudahkan antara masyarakat dan kepolisian, untuk melaporkan situasi daerah atau desa yang ada peristiwa. Seperti pelaku kejahatan, kebakaran, kecelakaan dan peristiwa lainnya.

“Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat Bojonegoro,” pungkas Kapolres. (moh/mil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Today